JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

DPRD Kota Solo Soroti 9 Program Prioritas Pembangunan Gibran

Rapat paripurna DPRD Kota Surakarta, Selasa, (30/04/2024). Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solo memberikan sejumlah catatan terhadap 9 program prioritas pembangunan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Selain memberikan catatan, DPRD Kota Solo juga memberikan rekomendasi terhadap 9 program prioritas pembangunan tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua I DPRD Kota Solo, Sugeng Riyanto dari fraksi PKS dalam rapat paripurna DPRD Kota Surakarta, Selasa, (30/04/2024).

Dalam laporan yang dibacakan, diantaranya ada tentang keberadaan Masjid Raya Sheikh Zayed yang diluar perencanaan dokumen RPJMD Kota Solo tahun 2021-2026. Padahal di tengah kota ada Masjid Sriwedari yang belum selesai.

Revitalisasi Ngarsopuro dan koridor Gatot Subroto yang terjadi kenaikan omzet penjualan. Namun tidak berdampak pada kenaikan PAD.

Revitalisasi Taman Balekambang yang selesai pada Desember 2023. Akan tetapi belum diserahkan kepada Pemerintah Kota Surakarta.

Baca Juga :  RSGM Soelastri Solo Gelar Seminar Nasional Manajemen Nyeri Pada Penanganan Gigi

Pembangunan museum of culture and technology. Dimana konsep museum ini tidak sesuai dengan visi-misi dari dokumen RPJMD Kota Surakarta tahun 2021-2026.

Pembangunan Islamic Center, yang mana penjelasannya kurang lengkap. Khususnya terkait kepemilikan aset serta pengelolaan ke depannya.

Revitalisasi Kebun Binatang Jurug yang akibat melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Maka perumda TSTJ kehilangan potensi pendapatan.

Revitalisasi sentra IKM Meubel Gilingan yang mana saat ini pembangunannya belum tuntas. Sehingga direkomendasikan untuk segera diselesaikan dan segera beroperasional.

Pengelolaan sampah PLTSA Putri Cempo yang belum berjalan maksimal. Dimana direkomendasikan untuk mereview perda dan MoU dengan pihak ketiga atas pengelolaannya.

Revitalisasi Solo Technopark, dengan pengelolaan menggunakan skema Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yang melibatkan pihak ketiga sama sekali tidak menguntungkan Pemerintah Kota Surakarta.

Baca Juga :  Irit Bicara di Puncak Peringatan HKG PKK Ke-52, Iriana Jokowi: Bagaimana bu, Senang di Solo? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh

Menurut Ketua DPRD Solo, Budi Prasetyo, 9 catatan dan rekomendasi tersebut merupakan sebuah masukan dan harapan yang dirangkum dari DPRD Kota Solo kepada Pemerintah Kota Solo.

“Harapannya ke depan dalam penyusunan program di pemerintah Kota Surakarta juga akan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu dilain pihak Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengaku akan menampung semua evaluasi, masukan, serta rekomendasi yang dipaparkan oleh DPRD Kota Solo.

“Banyak masukan yang baik, ini akan jadi bahan evaluasi ke depan. Mohon maaf apabila masih ada kekurangan akan kami genjot terus 17 pembangunan di Solo. Agar bisa lebih berdampak memberikan multiplayer effect ke Kota Solo dan Soloraya,” tandasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com