JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jus Ketan Trankil, Jadikan Bulan Ramadhan sebagai Kesempatan Dalam Pesantren Kilat

Pesantren kilat
Pesantren kilat di SMPN 3 Selogiri Wonogiri. Dok. SMPN 3 Selogiri Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Bulan suci Ramadhan selain menjadi waktu untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, seringkali dijadikan momentum belajar dan memperdalam ilmu agama. Salah satu cara yang populer untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui kegiatan pesantren kilat.

Salah satunya digelar di SMPN 3 Selogiri Wonogiri. Mengusung tema Jus Ketan Trankil yang merupakan abreviasi dari Jadikan Bulan Ramadhan sebagai Kesempatan Dalam Pesantren Kilat, SMPN 3 Selogiri Wonogiri berupaya menciptakan generasi yang mempunyai karakter, budi pekerti beriman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini momentum yang tepat untuk meningkatkan kualitas ibadah. SMPN 3 Selogiri Wonogiri melaksanakan kegiatan pesantren kilat selama tiga hari yaitu tanggal 3-5 April 2024,” ujar Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko, Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga :  Cara Bayar Pajak Motor Mobil Secara Online, Tak Perlu ke Samsat

Menurut Kepala SMPN 3 Selogiri Wonogiri Harjoko, pesantren kilat menjadi salah satu program sekolah yang dilaksanakan tiap tahun. Pesantren kilat melibatkan semua siswa kelas 7-9 dengan bimbingan bapak/ibu guru.

“Kegiatan yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan mempunyai makna yang mendalam bagi siswa. Karena kegiatan ini tidak sekedar berpakaian muslim tetapi bertambah dan bermanfaatnya hal yang didapat tentang ilmu agama,” ungkap Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko.

Pelaksanaan pesantren kilat hari pertama yang diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan materi tausiah dan membaca Alquran, yang dibimbing oleh guru agama islam Puji Lestari.

Kegiatan hari kedua diisi berbagai lomba, di antaranya Lomba Tartil, Lomba Kultum, dan Lomba Kaligrafi. Hal ini untuk mewadahi potensi dan kreasi siswa.

Baca Juga :  Tips Cara Melacak HP yang Hilang, Sangat Sederhana Ponsel Mati Bisa Diketahui Keberadaanya

Hari ketiga diisi dengan sholawatan hadroh, pembagian hadiah kemudian buka bersama.

Kepala sekolah turut hadir dan berpartisipasi dengan memotivasi melalui quiz. Sehingga siswa juga sangat bersemangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pesantren kilat.

“Melalui kegiatan ini, peserta tidak hanya memperdalam pengetahuan agama mereka, tetapi juga mengembangkan sikap dan perilaku yang baik, sejalan dengan ajaran Islam. Pesantren kilat ini sangat bermanfaat untuk melatih, membimbing, mendalami ilmu agama dan tentunya meningkatkan kualitas ibadah siswa SMPN 3 Selogiri Wonogiri,” tandas Kepala SMPN 3 Selogiri Harjoko. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com