JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Timnas AMIN Resmi Bubar! Para Petinggi Koalisi Perubahan Hadir, Tapi Surya Paloh Absen

Mantan paslon nomor urut 01 di pilpres 2024, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (tengah), usai halal bihalal dan pembubaran Timnas AMIN di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan pada Selasa (30/4/2024) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setelah sempat tertunda, akhirnya Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) resmi bubar pada Selasa (30/4/2024).

Pembubaran Timnas AMIN berlangsung di kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Pembubaran Timnas AMIN tersebut dihadiri para petinggi Koalisi Perubahan, tapi Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh yang pertama kali mengusung Anies di Pilpres 2024 justru tidak hadir.

Dilansir dari Tempo, pembubaran Timnas AMIN dilakukan bersamaan dengan halalbihalal di kediaman Anies di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Tampak hadir pasangan Anies di di pemilihan presiden dan wakil presiden atau Pilpres 2024 yang sekaligus Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Sejumlah petinggi Koalisi Perubahan turut hadir dalam kesempatan tersebut. Di antaranya Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, dan Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid.

Surya Paloh absen

Namun Ketua Umum NasDem Surya Paloh tak tampak dalam acara tersebut. Diketahui sebelumnya, NasDem merupakan salah partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan yang mendukung pasangan calon Anies-Muhaimin di Pilpres 2024.

Menurut Anies, pembubaran itu bukan berarti mengakhiri perjuangan. Anies mulanya mengatakan, Timnas AMIN memulai perjalanan dengan niat baik, semangat tinggi, dan komitmen kenegaraan yang kuat.

Baca Juga :  Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya

Sebab, lanjut Anies, pihaknya ingin berdemokrasi dengan matang dan terhormat. Oleh karena itu, kampanye dilakukan sebaik-baiknya.

“Kami ingin kampanye yang mencerdaskan, mencerahkan, membawa pembaruan, serta kampanye yang membuat semua yang terlibat merasa ada sesuatu pembelajaran, sebuah peningkatan di dalam mutu kita berdemokrasi,” kata Anies kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Selasa (30/4/2024).

Anies berharap siapapun yang terlibat dalam Timnas AMIN mendapatkan pengalaman yang mengesankan dan membanggakan.

“Timnas AMIN telah bekerja dengan sehormat-hormatnya, sekeras-kerasnya, semulia-mulianya,” tutur Anies.

Mantan Gubernur Jakarta ini mengungkapkan, Timnas AMIN mengakhiri tugasnya dengan rasa syukur dan bangga. Setelah pembubaran, masing-masing orang di dalam tim pemenangan akan terus berjuang di Medan dan jalurnya masing-masing.

“Kita ingin timnasnya selesai dengan baik, itu lah yang kami akhiri pada siang hari ini, bukan mengakhiri perjuangan, tapi mengakhiri sebuah fase perjuangan ketika masa-masa kampanye,” ucap Anies.

Cak Imin: Spirit Perubahan Terus Menyala

Sementara Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengatakan, Timnas AMIN sebagai sistem sudah berakhir. Ketua Umum PKB ini lalu menyinggung mengenai spirit atau semangat perubahan di antara Timnas AMIN.

“Tapi kami tadi merasakan spirit, semangat kebersamaan untuk perjuangan perubahan, tidak boleh berhenti di berbagai level dan ruang juang masing-masing,” kata Cak Imin di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, pada Selasa, 30 April 2024.

Baca Juga :  Hendak Mencari Ikan, Kapal Jungkung Milik Nelayan Gunungkidul Dihantam Ombak Tinggi, Begini Nasib Penumpangnya

Dalam sambutannya di hadapan Timnas Amin dan petinggi koalisi, Cak Imin bercerita tentang pengalamannya naik kereta. Saat itu, ada seorang ibu dengan kursi roda yang ingin naik gerbong kereta. Tapi perempuan itu tidak bisa naik. Sebab, kata Muhaimin, tidak ada jembatan menuju kereta bagi difabel.

“Dia marah-marah, bilang ‘ini gara-gara AMIN enggak menang ya begini’. Artinya apa? Spirit perubahan itu merata, sehingga harus terus kita lakukan perubahan, akses difabel, pembukaan akses-akses kemudahan publik, kebebesan berpikir, berpendapat, berorganisasi,” kata Cak Imin.

Menurut Cak Imin, itu lah perubahan-perubahan yang harus diwujudkan.

“Spirit itu terus menyala di batin kita semua,” ujarnya.

“Meski Timnas AMIN telah ditutup secara kelembagaan, tapi kita disatukan oleh cita-cita yang berlanjut. Karena itu terima kasih kepada semuanya yang telah bersama-sama menyukseskan AMIN, 40 juta pemilih, tentu itu amanah yang harus dijaga dan diperjuangkan.”

Sebelumnya, Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto telah menyambangi Kantor DPP PKB pada Rabu, 24 April 2024. Sehari kemudian, Kamis, 25 April 2024, Prabowo juga telah bertemu dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Baik PKB dan NasDem sepakat untuk menjalin kerja sama dengan Prabowo.

Sementara PKS hingga saat ini, belum diketahui posisinya terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran; Apakah akan berkoalisi atau beroposisi.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com