JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Tingkatkan Literasi Sekolah Terpadu Lewat Program Nyalanesia

Nyalanesia mendorong guru dan siswa sekolah didorong untuk meningkatkan litetasi. Melalui Festival Literasi Nasional (FLN) 2024, siharapkan mampu meningkatkan literasi sekolah terpadu untuk siswa dan guru di Solo. Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Nyalanesia mendorong guru dan siswa sekolah didorong untuk meningkatkan litetasi. Melalui Festival Literasi Nasional (FLN) 2024, siharapkan mampu meningkatkan literasi sekolah terpadu untuk siswa dan guru di Solo.

Ketua Pelaksana FLN 2024 Imam Subchan mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari, 26-28 April 2024. Program tersebut memfasilitasi siswa dan guru untuk menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, serta akses pada program-program apresiasi.

“Program literasi dan peningkatan kompetensi, platform terintegrasi, dan pengembangan komunitas berbasis sharing economy adalah tiga pilar yang menjadi pondasi bagi ekosistem Nyalanesia,” ujarnya, Kamis (25/4/2024).

Melalui tema “Indonesia Berkarya”, penyelenggaraan FLN tahun ini melibatkan 83.195 siswa dan guru dari seluruh Indonesia.

“Dalam ekosistem Nyalanesia, kami berupaya menciptakan dunia baru. Di mana kita bisa menyaksikan anak-anak yang berkarya dan terus percaya pada mimpinya, guru-guru yang kompeten, bermakna, dan sejahtera hidupnya, serta sekolah-sekolah yang menjelma taman bermain bagi para kreator, inovator dan penggerak perubahan,” imbuhnya.

Baca Juga :  Kolaborasi Dengan BPDPKS, Kemenkeu Komitmen Berdayakan UKM Berbasis Sawit

Menurut Imam, sejak tahun 2016 Nyalanesia sudah mendampingi lebih dari 3.800 sekolah di 37 provinsi di Indonesia untuk menciptakan transformasi pendidikan. Kurang lebih 400.000 siswa dan guru telah mendapatkan pelatihan dan berhasil menerbitkan buku.

“alam lima tahun terakhir setidaknya dana pemberdayaan Rp4,1 miliar telah disalurkan Nyalanesia untuk meningkatkan kesejahteraan finansial para guru, siswa, dan penggerak literasi di Indonesia,” bebernya.

Sementara itu, rangkaian praacara FLN 2024, di antaranya kompetisi website literasi, sayembara menulis quote, sayembara menulis surat untuk Presiden, sayembara foto, kompetisi konten Master Teacher, kompetisi video tari kreasi, dan kompetisi aransemen lagu Nyalanesia.

Baca Juga :  Kisah Sadikem, Penjual Tas Plastik Untuk Sepatu Sandal Para Pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed, Musim Haji Ga Ngaruh

“Lomba-lomba ini tidak lepas dari tujuan Nyalanesia untuk meniti jejak pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang pendidikan yang memerdekakan. NyalaCipta, NyalaRasa, dan NyalaKarya merupakan tiga kategori lomba yang diselenggarakan Nyalanesia yang bersandar dari filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara,” katanya.

Salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan pada puncak acara, yakni dengan NyalaTour untuk merasakan pengalaman membatik serta mengenal nilai-nilai edukasi di dalamnya.

“Acara ini rutin diselenggarakan setiap tahunnya di Kota Solo, sekaligus sebagai perwujudan komitmen bersama antara Nyalanesia dan Pemerintah Kota Solo untuk menjadikan Solo sebagai Kota Literasi Dunia yang dideklarasikan sejak tahun 2022,” tukasnya. Prihatsari 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com