JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Dua Kali Gempa Pacitan Selasa 7 Mei 2024 Terasa Sampai Wonogiri dan Jogja

gempa bumi
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Pacitan, Jawa Timur pada Selasa 7 Mei 2024. Gempa Pacitan ini terjadi pada pukul 10.34 WIB dan berpusat di 73 kilometer Barat Daya Pacitan, tepatnya di Samudra Hindia, dengan kedalaman 24 kilometer.

Sebelumnya juga terjadi gempa Pacitan dengan magnitudo 4,1 pukul 09.41 WIB. Gempa berpusat 82 kilometer tenggara Pacitan dengan kedalaman 11 kilometer.

Gempa Pacitan Selasa 7 Mei 2024 ini terasa hingga ke wilayah Wonogiri dan Jogja, meskipun dengan intensitas yang lebih lemah. Di Wonogiri, gempa terasa sekitar 2-3 detik, sedangkan di Jogja terasa sekitar 1-2 detik.

Baca Juga :  Cara Cek Status Penerima Bansos, Penting untuk Mengetahui Termasuk PM atau Bukan

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia.

Hingga saat ini, belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini. BMKG menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan selalu mengikuti informasi terbaru dari BMKG.

Gempa Pacitan terasa di beberapa wilayah di Wonogiri, seperti Kecamatan Wonogiri, Girimarto, Pracimantoro, dan Jatisrono. Beberapa warga sempat panik dan keluar rumah saat gempa terjadi. Namun, tidak ada kerusakan bangunan yang signifikan dilaporkan. Hal serupa terjadi di sejumlah wilayah di Jogja.

Baca Juga :  Esperogro Lepas 220 Siswa, ini Daftar Juara 1 Sampai 3

Imbauan BMKG:

– Tetap waspada dan selalu ikuti informasi terbaru dari BMKG.
– Jika terjadi gempa, segera berlindung di bawah meja yang kokoh atau di tempat yang aman.
– Hindari bangunan yang retak atau rusak.
– Jangan panik dan ikuti instruksi dari petugas. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com