JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Saka Wanabakti Boyolali Tanam Puluhan Bibit Alpukat untuk Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Penyerahan bibit alpukat dari Saka Wanabakti Kwarcab Boyolali ke Perum Perhutani Telawa, Juwangi, Boyolali | Foto: Waskita
   

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia, belasan anggota Pramuka Penegak dari Satuan Karya (Saka) Wanabakti Kwarcab Boyolali bekerja sama dengan Perum Perrhutani Telawa,  Juwangi melakukan penanaman bibit alpukat.

Lokasinya di sekitar pos pantauan keamanan hutan bagian kesatuan pemangku hutan (BKPH) Kedung Cumpleng, Desa Ngaren, Kecamatan Juwangi.

Dalalam rilisnya ke Joglosemarnews,  Jumat (24/5/2024), disebutkan bahwa kegiatan penanaman bibit tersebut bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati di hutan sekitar pos keamanan di Juwangi.

Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati tersebut juga sebagai wujud bakti Pramuka pada ibu pertiwi dalam melestarikan lingkungan dan menjaga plasma nutfah agar tidak punah.

Sebanyak 50 bibit pohon alpukat ditanam anggota Pramuka Penegak Saka Wanabakti Kwarran Juwangi bersama management Perum Perhutani KPH Telawa Juwangi serta sejumlah relawan.

Baca Juga :  Harga Migor di Boyolali Terus Meroket,  Pedagang dan Pembeli Sama- sama Mengeluh

“Penanaman saat ini  baru satu jenis pohon saja namun kedepan bisa ditambah bibit pohon yang lain. Harapannya dengan kegiatan ini dapat menjaga kelestarian hutan serta mengajak generasi muda terutama anggota Pramuka untuk menjadi garda terdepan dalam kelestarian hutan”, ujar Pamong Saka Wanabakti, Kak Bambang Winarto saat penanaman, Kamis (23/5/2024).

Salah satu peserta kegiatan, Aulia Nur Riskhi (16), mengaku dirinya senang bisa ikut kegiatan tanam bibit pohon alpukat tersebut.

“Tadi dari SMKN 1 Juwangi ada 11 abggota Pramuka yang diutus untuk mengikuti kegiatan penanaman bibit pohon ini. Selain bisa menambah pengalaman juga memang saya menyukai hutan, makanya saya ikut Saka Wanabakti dan alhamdulilah bisa ikut kegiatan ini semoga hutan bisa tetap lestari,” ujarnya.

Mewakili Ketua Kwarcab Boyolali, Kak Supana, Pelaksana Humas Kwarcab Boyolali, kak Eksani, menjelaskan,  peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia yang dipusatkan di KPH Telawa Kecamatan Juwangi, Kwarran Juwangi ini melibatkan sejumlah anggota dari polisi hutan, polisi hutan mobil, asisten perhutani, wakil administratur selaku pinsaka, kasi perencanaan sumber daya hutan, kasi pengembangan aset dan agro serta kepala resort pemangku hutan.

Baca Juga :  Ribuan  Pelajar di Boyolali Hadiri Merdeka Ekspo Talenta Pendidikan 2024

“Sementara itu untuk anggota Pramuka Penegak kita utus 11 anggota Saka Wanabakti dari Kwarran Juwangi. Sebelum penanaman dimulai kita gelar seremonial untuk penyerahan bibit alpukat kepada perwakilan Perum Perhutani yang diterima langsung oleh Administratur KKPH Telawa selaku Majelis Pembimbing atau Mabisaka Saka Wanabakti. Semoga dengan penanaman bibit pohon ini bisa membuat hutan kembali rindang. Hutan tetap lestari dan menjadi paru paru dunia,” jelasnya. Waskita

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com