JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

9 Objek Wisata Keren di Wonogiri Cocok buat Nikmati Libur Kenaikan Kelas

Pantai Sembukan
Pengunjung menikmati panorama asri nan memukau di Pantai Sembukan Paranggupito Wonogiri. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Liburan kenaikan kelas adalah waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga dan teman. Kabupaten ujung tenggara Jateng Wonogiri, dengan kekayaan alam dan budayanya, menawarkan berbagai pilihan wisata menarik untuk mengisi waktu liburan Anda.

Berikut beberapa rekomendasi objek wisata keren di Wonogiri yang cocok untuk destinasi libur kenaikan kelas:

1. Waduk Gajah Mungkur
Waduk terbesar di Jawa Tengah ini menawarkan pemandangan indah dan berbagai aktivitas seru, seperti berenang, memancing, dan berperahu. Pengunjung juga dapat menikmati kuliner khas Wonogiri di tepi waduk.

2. Air Terjun Girimanik
Air terjun bertingkat ini dikelilingi oleh hutan lebat dan udara yang sejuk. Pengunjung dapat bermain air, trekking, atau piknik di sekitar air terjun.

3. Pantai Nampu
Pantai berpasir putih dengan ombak yang menantang ini cocok untuk dinikmati di pesisirnya yang dilindungi tebing menjulang. Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah di pantai ini.

4. Pantai Sembukan dan Klothok
Pantai Sembukan dan Pantai Klothok berada berdekatan. Lokasinya di Desa Paranggupito Kecamatan Paranggupito Wonogiri. Sensasi ombak laut besar khas laut selatan berpadu dengan tebing curam karst menimbulkan suara dentuman membahana. Bikin siapa saja betah berlama lama disini.

Baca Juga :  99 Asmaul Husna Lengkap Arab Latin dan Artinya

5. Soko Langit
Spot wisata baru yang menawarkan pemandangan indah pegunungan dan persawahan. Pengunjung dapat menikmati berbagai wahana permainan maupun berenang.

6. Museum Karst Indonesia
Museum ini berisi informasi tentang karst di Indonesia, termasuk karst di Wonogiri. Pengunjung dapat belajar tentang sejarah, geologi, dan flora fauna karst.

7. Bukit Cumbri
Bagi pecinta alam pegunungan, Bukit Cubri dan Puncak Cumbri menawarkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Di sini, Anda dapat menikmati trekking maupun camping.

8. Kampung Wayang Kepuhsari Manyaran
Di sini di kampung Wayang Kepuhsari Manyaran Wonogiri tak hanya melulu soal pembuatan wayang, namun juga edukasi tentang pewayangan hingga handicraft serta pernak pernak lainnya. Kampung Wayang Kepuhsari Manyaran ini terkenal hingga mancanegara loh.

9. Masjid Tiban Wonokerso Baturetno
Masjid Tiban Wonokerso Baturetno Wonogiri ini usianya lebih tua dibandingkan Masjid Agung Demak. Pasalnya dibangun ketika para wali tengah mencari kayu untuk bahan bangunan pembuatan Masjid Agung Demak.

Baca Juga :  Innalillahi, Geger Warga Genukharjo Wuryantoro Wonogiri G4ntung D1r1 di Pohon Sambi

Tips Liburan:

– Tentukan waktu yang tepat
Musim kemarau (Juni-September) adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi Wonogiri karena cuaca cerah dan tidak terlalu panas.

– Pilihlah tempat wisata yang sesuai dengan minat Anda
Jika Anda menyukai alam, Anda dapat mengunjungi Waduk Gajah Mungkur, Air Terjun Girimanik, atau Pantai Nampu. Jika Anda menyukai budaya, Anda dapat
Museum Karst Indonesia atau Masjid Tiban Wonokerso Baturetno.

– Pesanlah akomodasi dan transportasi Liburan kenaikan kelas adalah waktu yang ramai di Wonogiri, sehingga penting untuk memesan akomodasi dan transportasi.

– Siapkan uang tunai yang cukup
Tidak semua tempat wisata di Wonogiri menerima pembayaran dengan kartu kredit.

– Patuhi aturan dan norma yang berlaku Hormatilah budaya dan tradisi setempat.

Dengan perencanaan yang matang, liburan kenaikan kelas Anda di Wonogiri pasti akan menyenangkan dan tak terlupakan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com