JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

PAN Lebih Memilih Zita Anjani Ketimbang Kaesang untuk Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Ketua DPP PAN Zita Anjani (kanan), dan Politisi Muda Tsamara Amany (kiri) saat pengenalan kader baru PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta, Selasa (12/9/2023) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep  ternyata tidak masuk dalam kriteria Cawapres yang diusulkan Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai pimpinan Zulkifli Hasan tersebut lebih condong memilih Wakil  Ketua DPRD Jakarta Zita Anjani untuk maju sebagai calon wakil gubernur di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta mendampingi Ridwan Kamil.

Kepastian itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi.

“Zita tetap menjadi prioritas karena dia kader PAN,” kata Viva dalam pesan suara yang diterima Tempo melalui aplikasi WhatsApp, Rabu (19/6/2024).

Dalam mendorong putri Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan itu, Viva mengungkap partainya masih melihat dinamika politik bersama partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Viva mengaku masih memantau elektabilitas nama-nama potensial yang akan maju di Pilgub Jakarta, seperti Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep, mantan Gubernur Jakarta Anies Baswedan, dan mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca Juga :  Mangkunegara X Terima Rekomendasi Dari Kaesang Jadi Bacalon Walikota Solo

“Nama-nama itu akan kami pertimbangkan,” ucapnya.

Dalam kesempatan terpisah, Zulkifli Hasan alias Zulhas menyatakan partainya mendukung penuh Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jakarta. Pernyataan itu dia sampaikan ketika memberikan update soal tokoh-tokoh yang diusung PAN di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Serentak mendatang.

“Yang DKI saya mengusulkan Ridwan Kamil,” kata Zulhas saat ditemui di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Zulhas menyampaikan, seluruh partai yang menjadi anggota Koalisi Indonesia Maju akan menyetujui Ridwan Kamil untuk bertarung dalam Pilgub Jakarta. Namun, sambung Zulhas, KIM belum memutuskan siapa pendamping Ridwan Kamil.

“Saya kira semua sudah mau menyetujui Ridwan Kamil untuk maju di Jakarta. Sudah. Wakilnya belum diputuskan,” tuturnya.

Sebelumnya, Zulhas mengatakan partai-partai politik membutuhkan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, untuk bertarung di pemilihan gubernur Jakarta. PAN sepakat untuk mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta.

Baca Juga :  Jokowi Lantik Keponakan Prabowo jadi Wakil Menteri Keuangan, Sinyal untuk Ganti Sri Mulyani?

Zulhas mengatakan, dia menyampaikan komitmen untuk mendukung Ridwan dalam pertemuan Jokowi dengan ketua umum partai politik pendukung pemerintah di Istana Kepresidenan Jakarta pada akhir Mei lalu.

“Saya mengusulkan Ridwan Kamil di Jakarta, semua setuju,” kata Zulhas, yang juga Menteri Perdagangan, di Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat  (14/6/2024).

Mengenai pendamping Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta, Zulhas mengatakan belum ada kesepakatan. Namun nama Kaesang – yang saat ini menjabat Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia, dibutuhkan.

“Saya laporkan ke pak presiden, ‘kalau Kaesang boleh enggak?’, Pak presiden bilang ‘jangan’, tapi kan partai-partai perlu. Partai perlu agar bisa menang,” kata Zulhas.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com