JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pesan Sri Mulyani ke Prabowo: Hati-hati Menjaga APBN Saat Membuat Program

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers disaksikan Ketua tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo - Gibran Sufmi Dasco Ahmad dan Wakil Ketua tim Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo - Gibran Ahmad Muzani usai melakukan pertemuan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (31/5/2024) | tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM   Usai rapat dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  bersama Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Istana Kepresidenan Jakarta pada Kamis (20/6/2024),  Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan pesan kepada Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sri Mulyani  mengingatkan pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto agar  menjaga Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) saat membentuk program-program mendatang.

Lebih lanjut Sri Mulyani menjelaskan beberapa asumsi makro yang telah disepakati pemerintah, seperti pertumbuhan ekonomi 5,1-5,5 persen, inflasi 1,5-3,5 persen, dan nilai tukar rupiah Rp15.300-15.900 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kemudian ada suku bunga SBN 6,9-7,2 persen, harga minyak 80-85 dollar AS per barel, lifting minyak 600-605 ribu barrel per hari, lifting gas 1.003.000 sampai 1.047.000 barel ekuivalen minyak per hari.

Baca Juga :  Temui Presiden Israel di Tengah Konflik Israel-Palestina, 5 Warga Nahdliyin Bakal Dipanggil PBNU

Adapun mengenai APBN 2024, akan dijaga dengan melihat pergerakan kurs, harga minyak, maupun dari sisi SBN dan imbal hasilnya.

“Pesannya adalah APBN tetap dijaga secara hati-hati karena ini adalah instrumen penting,” kata Sri Mulyani.

“Mengenai program-program baru sampai hari ini kita akan berkoordinasi dengan tim Pak Prabowo untuk bisa mendapatkan gambaran mengenai kebutuhan anggaran maupun mekanisme pelaksanaan program tersebut,” kata eks Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Sri Mulyani menyebut APBN 2025 masih dibahas dalam jangkauan defisit 2,21 – 2,8. Menkeu menyebut pemerintah mampu menjaga fiskal secara hati-hati dan tetap berkesinambungan namun pada saat yang sama bisa mengakomodasi program yang akan dilaksanakan pemerintahan baru 2025.

Baca Juga :  Banyak Kampus Obral Guru Besar Lewat Jalur Instan, Pengamat: Fenomena Kemunduran Pendidikan

Prabowo sudah membentuk tim gugus tugas sinkronisasi yang dipimpin oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Selain Dasco, ada Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, yang menjadi wakil ketua tim gugus tugas, beserta anggotanya, yaitu Thomas Djiwandono, Budisatrio Djiwandono, dan Prasetyo Hadi.

Output dari tim gugus tugas sinkronisasi disebut hanya membuat laporan internal yang diberikan langsung ke Prabowo Subianto. Tim Gugus Tugas ini bertanggung jawab untuk melakukan sinkronisasi dengan kementerian-kementerian menjelang pergantian presiden.

Gugus Tugas Sinkronisasi Prabowo-Gibran diproyeksikan untuk mempersiapkan proses pemerintahan Prabowo-Gibran setelah nanti dilantik 20 Oktober 2024. Tim sudah menemui Sri Mulyani dan jajaran di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Jumat (31/5/ 2024).

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com