JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Presiden Jokowi Kurban 7 Ekor Sapi di Solo, Disebar ke Masjid dan Ponpes

sapi kurban Jokowi
Inilah sapi kurban dari Presiden Jokowi berjenis simental dengan berat 1,8 ton, tiba di Masjid Agung, Solo pada Selasa (27/6/2023) siang, sekitar pukul 14.45 WIB / Foto: Ando
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkurban tujuh ekor sapi khusus di Kota Solo saat Hari Raya Idul Adha 1445 H.

Hewan kurban tersebut akan ditempatkan di empat masjid dan tiga pondok pesantren di Kota Solo dan sekitarnya.

Menurut Kepala Bagian Kesra Setda Pemkot Solo, Samsu Tri Wahyudi hewan kurban Presiden Jokowi akan dikirim ke empat masjid yang dipilih, yakni Masjid Agung Keraton Solo, Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed dan masjid Tegalsari Laweyan.

“Untuk tiga pondok pesantren yakni Ponpes Al-Muayyad yang berlokasi di Laweyan, Ponpes Qur’aniyy Az Zayadiy milik Gus Karim, serta Ponpes Al-Ikhsan milik Mbah Lepo Mojosongo. Sapi-sapi ini masuknya sebagai sapi bantuan presiden,” ungkapnya.

Baca Juga :  Agus Irawan Dapat Rekomendasi PSI Maju Pilkada Boyolali, Kaesang: Harus Menang Ya Mas

Jumlah sapi tersebut bertambah dibandingkan tahun lalu. Tahun lalu, Presiden Jokowi hanya kurban lima ekor sapi. Tahun ini, ada tambahan dua sapi.

Rencananya sapi-sapi ini akan langsung diberikan pada masjid dan pondok pesantren penerima. Hal ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana sebagai penerimanya yakni Pemkot Solo.

“Jadi atas nama penerima bukan Pemkot Solo tapi masjid-masjid yang bersangkutan. Jadi nanti dari presiden nanti tanda terima langsung ke penerima atau masjid yang bersangkutan. Pemkot hanya memfasilitasi serah terima saja,” jelasnya.

Baca Juga :  Tekan Angka Stunting, Bacawali Diah Warih Bagi-Bagi Sayuran ke Warga

Sedangkan untuk jenis sapi sendiri adalah sapi Simental dan Limosin dengan kisaran berat 800 kilogram hingga 1 ton.

“Bukan yang jenis peranakan Ongole, hanya simental dan limousin,” kata Samsu.

Tujuh ekor sapi tersebut ditambahkannya diambil dari peternak dari Salatiga, Kabupaten Semarang, Wonogiri dan Klaten.

Rencananya sapi-sapi ini akan disalurkan pada 16 Juni 2024 mendatang. Dan sebelum H-1 sapi-sapi tersebut sudah dikirimkan ke lokasi tujuan.

“Komunikasi dengan setpres, sapi dikirim tanggal 16 Juni, bisa malam bisa sore tergantung situasi. Mungkin perlu perlakuan khusus untuk mengirim kalau perjalanan untuk malam hari kalau siang hari agak susah,” tandasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com