loading...
Loading...
Logo Partai Demokrat

 

KARANGANYAR– Perubahan konstelasi pasangan bupati petahana,  Juliyatmono yang meninggalkan Wakilnya,  Rohadi Widodo (PKS)  dan beralih ke Robert Kristanto (PDIP) ke Pilkada Karanganyar 2018, tak membuat dukungan Partai Demokrat setempat untuk Juliyatmono mengendur.

Sebaliknya,  partai berlambang merci itu menegaskan tetap konsisten mendukung Juliyatmono ke Pilkada sekalipun pasangan yang digandeng telah berubah.

Hal itu ditegaskan Ketua DPC Partai Demokrat, Tri Haryadi, Sabtu (6/1/2018). Saat dihubungi wartawan,  ia menyampaikan terkait rekomendasi Golkar untuk YURO versi baru (Yuli-Robert),  sikap partainya tetap konsisten mendukung dan mengusung Juliyatmono sebagai bakal calaon bupati.

Baca Juga :  Warga Karanganyar Resah Jalur Trotoar Kota Jadi Ajang Pesta Miras dan Aksi Wer-weran Tiap Malam. Desak Aparat Bertindak Tegas

Terkait dipilihnya Robert Kristanto sebagai pasangan Juliyatmono,  Ketua Fraksi Demokrat DPRD Karanganyar itu, mengatakan tetap tidak merubah keputusan  partainya.

“Kita masih tetap konsisten untuk mendukung Juliyatmono. Kita segera melakukan sosialisasi kepada seluruh kader dan tegak lurus mendukung dan mengusung pasangan Juliyatmono-Robert Kristanto sebagai pasangan bupati dan wakil bupati dalam pilkada Karanganayar,” tegasnya.

Sikap Demokrat itu berbeda dengan dua partai yang sebelumnya juga sempat menyatakan dukungannya untuk duet YURO, Yuli-Rohadi, yakni Gerindra dan PAN. Kedua partai itu memilih melaporkan dinamika yang terjadi ke DPP sebelum memutuskan apakah tetap mendukung YURO versi baru atau merubah haluan membentuk koalisi baru.

Baca Juga :  Korupsi Pesawat Lawu Air Karanganyar, 5 Terdakwa dan Rekanan Penyedia Jasa Divonis 1 Tahun Penjara. Kejaksaan Nyatakan Pikir-Pikir 

Sekretaris DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sriyanto Saputro, mengaku terkejut dengan keputusan DPP Golkar mengganti Rohadi dengan Robert.

“Langkah kami selanjutnya, akan melaporkan dinamika politik yang terjadi di Karanganyar ini kepada DPP Partai Gerindra,” kata Sriyanto Saputro Sabtu (6/1/2018).

Apakah dimungkinkan akan melakukan koalisi dengan duet Golkar-PDIP atau memilih putar haluan? Sriyanto menyerahkan sepenuhnya kepada DPP.

“Kita menyerahkan sepenuhnya kepada DPP. Apapun keputusan DPP, kami siap melaksanakan,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPD PAN Karanganyar, Muhammad Yunus. Sejak awal, ia menegaskan PAN sebenarnya tetap berkomitmen mendukung pasangan YURO untuk tetap bersama dan kembali maju dalam pilkada Karanganyar.

Baca Juga :  Jelang Lengser, DPRD Karanganyar Masih Ngebet Kunker ke Bali. Sekwan Tolak Disebut Kunjungan Perpisahan

Menurutnya dukungan itu tak lepas dari suara masyarakat yang masih condong menghendaki YURO kembali memimpin. Dengan adanya keputusan Golkar yang mengusung Juliyatmono-Robert Kristanto, maka PAN akan segera melakukan konsilidasi kembali menyikapi perubahan konstelasi politik tersebut.

“Kita segera melakukan konsolidasi sambil menunggu keputusan DPP PAN. Toh PDIP sendiri juga belum mengeluarkan rekomendasi,” ujar Yunus melalui telepon selularnya, Sabtu (06/01/2018). Wardoyo

 

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.