loading...


Gudang KPU Wonogiri. Jsnews/Aris Arianto

WONOGIRI—Partisipasi difabel dalam Pilkada/Pilgub Jateng 2018 bakal lebih diperhatikan. Pada setiap tempat pemungutan suara (TPS) bakal ada akses khusus bagi difabel.

Salah satunya penyediaan template bagi tuna netra di setiap TPS.

“Nanti ada itu (akses khusus bagi difabel). Setiap satu TPS nanti akan kami sediakan satu template surat suara bagi tuna netra. Untuk penyandang disabilitas lain juga kami perhatikan, misalnya juga ada jalur khusus kursi roda,” beber Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir, Rabu (31/1).

Baca Juga :  Danrem dan Kodim se-Surakarta Gowes Bareng 3 Pilar di Wonogiri

Dia berujar, gasilitasi bagi penyandang disabilitas merupakan upaya mendulang partisipasi kalangan penyandang disabilitas. Harus ada kesamaan hak yang setara dalam setiap tahapan pemilu. Selain itu, difabel juga harus bisa mengakses informasi terkait seluruh tahapan pemilu.

Baca Juga :  Kecelakaan di Tukluk Ngadirojo. 2 Orang Jadi Korban Saat Mega Pro Tabrakan Dengan Jupiter Z

“Yang jelas, dimana ada pemilih difabelnya nanti akan dibuatkan TPS yang memudahkan difabel masuk ke bilik suara,” beber dia.

Lantaran itu, dia meminta panitia pemilu aktif mendata pemilih yang termasuk difabel. Jangan sampai difabel tidak bisa menyalurkan hak pilihnya lantaran terbatas aksesnya. Aris Arianto

Loading...