loading...


Tribunnews

FILIPINA – Masih ingat istilah Wedus Gembel  saat Gunung Merapi Meletus beberapa tahun silam? Wedus gembel yang merupakan longsoran awan panas dari erupsi itu sangat menakutkan.

Tapi, wedus gembel dari letusan gunung berapi yanh satu ini tidak ngeri. Bemtuknya malah sangat romantis. Seperti apa wujudnya?

Ini, sebuah foto di Gunung Mayon Filipina mendadak geger. Foto tersebut menarik perhatian netizen karena awan abu vuklanik memunculkan awan menakutkan.
Awan tersebut menyerupai kisah cerita rakyat setempat. Foto yang diambil jurnalis foto Ciriaco Santiago ini mewakili mitos kuno yang ada di Gunung Mayon.
Kisah mitos ini menceritakan percintaan tragis anatara Panganoron dan Magayon.
Menurut legenda Gunung Mayon , seorang wanita cantik bernama Magayon melarikan diri dari orang tuanya. Saat itu dia dijodohkan dan sudah bertunangan dengan pria bernama Pagtuga. Ia melarikan diri dengan kekasihnya Pangaronon.
Saat melarikan diri, Magayon terkena panah beracun dari anak buah ayahnya. Saat itu Pangaronon kekasihnya berlutut di atas Magayon yang sekarat. Orang yang mencari mereka menusuk Pangaronon dari belakang.

Baca Juga :  Setelah Kalah KO, Kondisi Adonis Stevenson Masih Belum Sadar di Rumah Sakit

Setelah bertahuin-tahun, para pembunuh mengubur mayat Pangaronon dan Magayon bersama. Menurut kisah pasangan yang dikuburkan ini bangkit dan membentuk gunung berapi yang di kenal dengan Gunung Mayon. (Tribunnews)

Loading...