JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Dada Mendadak Nyeri dan Sesak. Bisa Jadi Gejala 4 Penyakit Ini!

Ilustrasi
   
Ilustrasi

JOGLOSEMARNEWS– Pernahkah anda merasakan kondisi tiba-tiba mengalami sesak di dada. Meski sebagian berorientasi sesak dada itu mengarah ke jantung, namun ternyata nyeri dada mendadak bisa jadi karena sebab penyakit lain. Ada banyak penyakit yang bisa membuat dada terasa nyeri.

Seperti dilansir laman Health com, berikut beberapa penyebab dada terasa sakit luar biasa selain dikarenakan oleh serangan jantung.

1. Heartburn

Heartburn merupakan penyakit yang bisa membuat dada terasa tidak nyaman dan terasa nyeri hebat. Heartburn ini disebabkan oleh asam lambung naik ke daerah kerongkongan, sebaiknya tidak mengabikan penyakit ini.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2 Perikarditis

Perikarditis adalah penyakit yang tidak berbahaya namun tetap harus waspada. Penyakit terjadi akibat adanya iritasi dan proses pembengkakan pada membran pembungkus jantung. Gejala yang muncul akibat penyakit ini hampir sama dengan serangan jantung, yakni menimbulkan rasa nyeri yang cukup menusuk dada.

3 Pankreatitis

Pankreatitis merupakan penyakit serius yang bisa mengancam nyawa seperti serangan jantung. Pankreatitis merupakan kondisi pankreas mengalami peradangan yang cukup akut. Letaknya yang berada diperut bagian atas membuat rasa nyeri menjalar hingga bagian dada.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

4 Peradangan Arteri Koroner

Penumpukan kolesterol jahat di arteri koroner bisa membuat arteri koroner mengalami peradangan. Plak yang semakin banyak akan mengalangi dinding arteri koroner, sehingga aliran darah menuju dan keluar jantung akan sedikit sulit akibatnya dada akan mudah terasa nyeri.

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa menimbulkan rasa nyeri dibagian dada. Jangan abaikan nyeri dibagian dada karena selain gejala serangan jantung bisa jadi penyakit bebahaya lainnya. Tribunnews

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com