JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Hebat, Wonogiri Raih Penghargaan. SAKIB Predikat B, di Jateng Hanya Ada 3 Kabupaten

MenPANRB memberikan penghargaan kepada Bupati Joko Sutopo
   
MenPANRB memberikan penghargaan kepada Bupati Joko Sutopo

WONOGIRI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri meraih predikat B atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI.

Penghargaan akuntabilitas kinerja Pemkab Wonogiri diserahkan langsung oleh MenPANRB, Asman Abnur, di Yogyakarta, Selasa (13/2/2018). Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, menerima langsung penyerahan dari KemenPANRB RI tersebut.

“Pencapaian nilai B ini se-Jawa Tengah hanya ada 3, yakni Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Kudus ” kata Bupati.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Pemkab Wonogiri memperoleh nilai 61,91 atau predikat B.Pada 2016 lalu, perolehan SAKIP Wonogiri hanya mendapat predikat CC dengan nilai 58,59.

Baca Juga :  Di Ujung Tenggara Wonogiri, Kombel Sigap Helat Strategi Peningkatan Kompetensi dan Kinerja

“Penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran dibandingan dengan capaian kinerjanya sudah cukup memadai. Serta kualitas pembangunan budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan yang berorientasi pada hasil di Pemkab Wonogiri sudah menunjukkan hasil yang baik,” jelas Bupati.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian PANRB Herman Suryatman mengatakan hasil evaluasi SAKIP putaran ketiga ini meliputi 163 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi. Pemerintah provinsi dimaksud meliputi DIY, Jawa Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua, serta Papua Barat. Kegiatan ini  merupakan putaran ketiga, menyusul kegiatan serupa untuk wilayah I di Batam, dan  wilayah II di Nusa Dua, Bali.
Berdasarkan amanat Peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Presiden nomor 29 tahun 2014 tentang SAKIP, Kementerian PANRB pada tahun 2017 telah melakukan evaluasi akuntabilitas kinerja terhadap kabpuaten/kota yang sudah mengimplementasikan SAKIP. Aris Arianto

Baca Juga :  Halalbihalal dan Sambut Semangat Baru Menuju Satuan Pendidikan yang Membahana
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com