loading...
Loading...
Anggota komunitas ICW memberikan tanda cat putih di sekeliling lubang jalan. Dok. ICW

WONOGIRI-Aksi simpatik dilakukan sejumlah anggota komunitas Info Cegatan Wonogiri (ICW). Mereka melaksanakan pilokisasi atau memberi tanda jalan berlubang dengan cat warna mencolok putih.

Aksi tersebut merupakan bentuk kepedulian ICW terhadap kondisi jalan, khususnya jalur provinsi di Wonogiri yang dipenuhi lubang. Tujuannya, pengguna jalan tahu adanya lubang di jalan. Sehingga bisa menghindarinya dan terhindar dari terperosok lubang yang berbuntut kecelakaan.

“Ini baru keren, anak-anak muda itu menandai lubang di jalan dengan pylox (cat semprot) warna putih. Supaya lubangnya terlihat oleh pegguna jalan lainnya. Sangat membantu kami,” ungkap Indriyani, salah satu pengguna jalan, Minggu (4/2/2018).

Baca Juga :  Bukan Cuma Kekeringan, Ini Lho Potensi Obyek Wisata Hingga Nama Desa dan Dusun di Kecamatan Paranggupito Wonogiri

Aksi tersebut menurut dia, sangat simpatik. Aksi yang jauh berbeda dari yang kebanyakan dilakukan di tempat lain. Mereka tidak menggelar protes, melalui penanaman pohon di tengah jalan, maupun memancing di tengah lubang jalan berisi air yang justru mengganggu pengguna lainnya.

Sangat simpel namun bermakna besar, ujar dia. Memberikan tanda putih melingkari lubang menganga. Dengan adanya tanda putih tersebut, saat malam sekalipun bakal jelas terlihat pengguna kendaraan bermotor.

Baca Juga :  1 Pelajar Tewas Tabrakan dengan Guru di Jaten Miricinde Purwantoro Wonogiri

“Jadi bisa menghindari lubangnya. Terhindar dari kemungkinan masuk lubang dan jatuh dari kendaraan. Sangat terbantu dengan aksi itu,” ujar dia.

Senada, Hervina mengaku sangat terbantu dengan adanya tanda cat putih di sekitar jalan berlubang. Dia mengaku trauma dengan kejadian beberapa tahun lalu ketika bersama sahabat melibas jalan berlubang di sekitar Kecamatan Nguntoronadi.

Baca Juga :  Gempar, Warga Karanglo Kepuhsari Manyaran Wonogiri Ditemukan Tewas di Rumahnya. Mulut Mengeluarkan Cairan

Sementara grup facebook ICW, sering mengunggah foto-foto dan keterangan ketika sejumlah anggotanya memberi tanda putih dengan cat semprot di sekitar jalan berlubang. Misalnya jalur provinsi Ngadirojo-Baturetno, maupun Ngadirojo-Purwantoro. Unggahan tersebut mendapatkan banyak like serta komentar bernada pujian atas aksi-aksi mereka.

Ketua Umum ICW, Elang Dwianto mengaku pilokisasi merupakan salah satu agenda komunitas. Tujuannya mememberika tanda adanya lubang di jalan. Dengan demikian menghindari terjadinya kecelakaan. Mengenai biaya pengadaan cat, murni swadaya anggota ICW. Aris Arianto

Loading...