JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Menkominfo Luncurkan Aplikasi Pendeteksi Informasi Hoax, Bisa Diunduh di Playstore

Menkominfo Rudiantara saat meluncurkan aplikasi anti berita hoax di Magelang, Sabtu (10/2/2018)
Menkominfo Rudiantara saat meluncurkan aplikasi anti berita hoax di Magelang, Sabtu (10/2/2018)

MAGELANG-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara meluncurkan aplikasi pendeteksi informasi bohong (hoax). Launching aplikasi anti hoaks itu dilakukan saat Menteri hadir di Rakernas Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo)  di Kampung Homestay Borobudur,  Sabtu (10/2/2018).

Aplikasi bernama Hoax Buster Tools (HBT) yang merupakan karya relawan Mafindo itu bisa diunduh pengguna telepon pintar berbasis Android di Playstore.

Baca Juga :  Kemenkes: Hingga Kini Ada 1.146 klaster Penyebaran  Covid-19, Mayoritas Klaster Pesantren

Menkominfo dalam sambutanya mengapresiasi aksi nyata yang dilakukan para relawan Mafindo dalam melawan hoax. “Saya sangat mengapresiasi para relawan yang gigih melawan informasi-informasi yang berbau fitnah dan bohong atau hoaks. Termasuk dalam menciptakan aplikasi anti hoaks ini,” katanya di depan peserta Rakernas.

Baca Juga :  Dinyatakan Bersalah Langgar Kode Etik, Ketua KPK Firli Bahuri Ditegur Secara Tertulis

Ketua Mafindo, Septiaji Eko Nugroho mengatakan, Rakernas yang berlangsung dua hari diikuti 110 relawan yang berasal dari 15 kota di Indonesia.

Peserta Rakernas Mafindo juga mengikuti diskusi yang menghadirkan narasumber Shinto Nugroho (Google  Indonesia), psikolog Ratih Ibrahim dan aktivis Anita Wahid.(Marwantoro)