JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Relokasi Warga Terdampak Tanah Retak Terkendala Minimnya Dana

Warga mengungsi di gedung SD. Dok. BPBD Wonogiri
Warga mengungsi di gedung SD. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI-Pemerintah Kecamatan Purwantoro hingga kini terus memantau pergerakan tanah di Dusun Galih RT 2 RW 4, Desa Sumber. Ada wacana merelokasi warga mengingat kondisi tanah sangat labil.

“Saat ini tidak terjadi penambahan retakan, tapi terus kami pantau,” ujar Camat Purwantoro, Joko Susilo, Selasa (6/2/2018).

Dia menyebutkan ada wacana relokasi warga terdampak. Hanya saja ada kendala soal minimnya anggaran dari warga. Terutama warga yang tidak memiliki lahan selain di sekitar lokasi retakan.

Baca Juga :  Dari Konfercab PGRI Cabang Giritontro Wonogiri, Joko Pudyanto Terpilih Sebagai Ketua, Berharap Kepengurusan Anyar Bisa Beri Warna Baru dan Wujudkan Hal ini

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto menerangkan, di Kecamatan Purwantoro gerakan tanah masih belum stabil dan dimungkinkan masih terjadi saat ada hujan.

Saat ini telah didirikan posko pengungsi dan posko kesehatan berlokasi di SD Negeri 1 Sumber. Juga ada dukungan dapur umum dari Dinas Sosial Wonogiri.

Baca Juga :  Catat Ya, Dana Kampanye Pilkada Wonogiri 2020 Dibatasi 40 M, Sumbangan Dari Badan Usaha dan Perorangan Juga Dibatasi, Terus Berapa Saldo Awal Dana Kampanye Josss dan Harjo?

“Posko pengungsi masih dihuni warga sejumlah 27 KK, atau 88 jiwa, 1 KK menempati rumah saudaranya di luar Desa Sumber,” sebut dia. Aris Arianto