JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Target Partisipasi Pemilih Pilgub di Wonogiri Terkendala Perantau yang Tak Mau Pulang

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir.JSNews/Aris Arianto
Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir

WONOGIRI-Target partisipasi pemilih dalam Pilgub 2018 secara nasional adalah 77 persen. Khusus Wonogiri ada kendala tersendiri untuk mencapainya.

Yakni keberadaan warga boro atau perantauan yang masih berhak pilih di Wonogiri, namun enggan pulang. Jumlah mereka mencapai kisaran 200 ribu jiwa atau 20 persen dari penduduk Wonogiri.

Ketua KPU Wonogiri, Mat Nawir mengakui warga boro banyak yang enggan pulang saat beberapa kali perhelatan pemilihan sebelumnya. Imbasnya tingkat partisipasi gagal target.

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

Menurut dia, pada Pilkada 2015 silam, tingkat partisipasi pemilih tercatat 66 persen atau kurang sembilan persen dari target 75 persen.

“Kalau potensi warga boro bisa dimaksimalkan, maka partisipasi pemilih bisa meningkat. Ini tengah kami koordinasikan dengan Pemkab Wonogiri,” jelas dia, Rabu (14/2/2018).

Baca Juga :  Josss Naik Motor Neo Klasik Kawasaki Estrella 250 CC, Harjo Kendarai Mobil Honda CRV Hitam, Datang ke KPU Ikuti Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020

Salah satu perantau, Endriyana menyebutkan saat perhelatan pemilihan dia biasanya enggan pulang. Pasalnya akan memakan waktu cukup lama untuk perjalanan pulang pergi dari tempatnya merantau di Tangerang menuju Wonogiri.

“Minimal butuh waktu 2-3 hari, butuh ongkos banyak pula. Ya eman-eman, mending buat bekerja,” jelas dia melalui pesan Whatsapp. Aris Arianto