JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Biaya Pakan Satwa Waduk Gajah Mungkur Setahun Capai 250 Juta, Paling Banyak Buat Si Gajah

Gajah koleksi WGM Wonogiri, Panamtu, ketika dipotong gadingnya, beberapa waktu lalu
   
Gajah koleksi WGM Wonogiri, Panamtu, ketika dipotong gadingnya, beberapa waktu lalu

WONOGIRI-Anggaran pemeliharaan dan pemberian pakan bagi satwa di Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri dalam setahun mencapai angka yang cukup besar. Yakni mencapai Rp 250 juta.

Anggaran tersebut paling banyak tersedot untuk pemberian makan dua ekor gajah koleksi WGM.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Wonogiri, Sentot Sujarwoko mengatakan, dana Rp 250 juta digunakan untuk pemeliharaan dan pemberian pakan satwa.

Sebagian besar untuk pemberian makan sepasang gajah dewasa. Setiap sehari sekali menghabiskan biaya pakan sekitar Rp 200.000.

Baca Juga :  Daftar Objek Wisata di Wonogiri yang Cocok Dikunjungi Saat Libur Lebaran 2024, ada Kuliner Juga Loh

Sepasang satwa gajah bernama Panamtu dan Sari itu biasanya diberi pakan berupa rumput gajah, dedaunan, buah-buahan, atau umbi-umbian. Adapun makanan yang paling mereka sukai justru pelepah kelapa.

“Namun, pelepah kelapa sulit diperoleh karena sangat jarang yang menjual,” kata dia, Selasa (20/3/2018).

Di sisi lain, pengiriman satwa rusa dan orang utan tinggal menunggu alokasi dana dari pemkab. Sebab, pengiriman satwa yang dilindungi memerlukan biaya yang tidak sedikit, sekitar 100 juta dari APBD mendahului perubahan.

Baca Juga :  Siapa Saja Calon Bupati Wonogiri 2024?

WGM rencananya memperoleh rusa tutul yang akan didatangkan dari kebun binatang Gembira Loka Yogyakarta. Ada empat rusa tutul yang akan didatangkan, dua rusa jantan, dan dua rusa betina.

Selain itu, OWSA-WGM juga menanti seekor orang utan betina sebagai pasangan Jacko, orang utan jantan yang sudah ada. Orang utan bernama Yeti rencananya didatangkan dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com