JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

Demi Keselamatan, Maskapai Ini Larang Orang Berpinggang Besar Naik Pesawat

Ilustrasi/Tribunnews

Bandara bisa jadi adalah tempat dengan peraturan yang ketat dan banyak. Saat hendak menaiki pesawat, ada banyak pengecekan yang harus dilalui. Mulai dari pengecekan barang hingga badan.

Hal ini harus dilakukan karena sudah merupakan peraturan yang dibuat untuk menunjang keamanan. Belum lagi, selama di dalam pesawat ada juga peraturan-peraturan keselamatan yang harus dipatuhi.

Beberapa di antaranya adalah menggunakan sabuk pengaman, tidak mengaktifkan benda elektronik dan tidak merokok.

Dengan segala macam peraturan keselamatan tersebut, sebuah maskapai ternyata masih menambahkan satu peraturan lagi yang berhubungan dengan ukuran tubuh.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Dilansir dari Coconuts.co, maskapai penerbangan Thailand, Thai Airways menerapkan peraturan pengukuran pinggang penumpang sebelum menaiki pesawat.

Mereka mengumumkan tidak akan menjual tiket kelas bisnis untuk pesawat Boeing 787-9 Dreamliner untuk penumpang dengan ukuran pinggang lebih dari 56 inci mulai awal bulan.

Peraturan ini tentu saja dibuat bukan tanpa alasan. Pratthana Pattanasirim, Direktur divisi keamanan dan standar penerbangan Thai Airways menjelaskan bahwa kursi kelas bisnis pesawat Boeing 787-9 Dreamliner baru saja dipasang alat keamanan baru.

Alat keamanan itu berupa sabuk pengaman dan sistem kantong udara baru. Hal ini membuat penumpang dengan ukuran pinggang yang besar tidak akan bisa mengencangkan sabuk pengaman itu.

Baca Juga :  50 Negara Jatuh ke Jurang Resesi Gara-gara Pandemi Covid-19, Mulai dari Malaysia hingga Amerika Serikat. Ini Daftar Lengkapnya

Menurut Pratthana, jika sabuk pengaman di kursi bisnis tidak dikencangkan dengan benar maka pilot tidak bisa menerbangkan pesawat karena tidak menemui standar operasional.

Sehingga maskapai tersebut memutuskan untuk membuat peraturan tidak menjual tiket kelas bisnis kepada orang dengan lingkar pinggang lebih dari 56 inci.

Sementara itu tidak ada peraturan mengenai ukuran badan untuk kelas ekonomi.
Maskapai Thai Airways adalah perusahaan penerbangan milik negara yang melayani rute Bangkok-Auckland dan Bangkok-Taipei.

www.tribunnews.com