JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Terlalu Tua dan Lapuk, Bangunan Dapur Warga Punduhsari Ini Tiba-tiba Roboh

Babinsa setempat bersama warga membersihkan reruntuhan rumah yang roboh tiba-tiba
Babinsa setempat bersama warga membersihkan reruntuhan rumah yang roboh tiba-tiba

WONOGIRI-Bangunan dapur rumah milik Yoso Sumito (83), di Lingkungan Batusari RT 3 RW 5 Kelurahan Punduhsari Kecamatan Manyaran, roboh mendadak, Sabtu (17/3/2018).

Peristiwa terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Tidak ada hujan maupun angin tiba-tiba bangunan dapur yang menempel dengan rumah utama runtuh rata tanah. Beruntung saat kejadian pemilik rumah tidak berada di tempat.

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materiil berupa bangunan dan barang-barang yang rusak diperkirakan sebesar Rp7 juta. Untuk sementara korban beserta keluarganya diungsikan ke rumah tetangga terdekat.

Baca Juga :  Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020, Apa Saja Persiapan Tim Joko Sutopo-Setyo Sukarno Alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo Atau Harjo?

Sertu Yoyok, Babinsa setempat di Koramil 11 Manyaran Kodim 0728 Wonogiri, yang ikut membantu proses evakuasi, mengatakan, kondisi kayu penyangga bangunan dan atap tersebut memang sudah lapuk termakan usia, sehingga tidak kuat lagi menahan beban.

Baca Juga :  Jangan Anggap Enteng, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 di Wonogiri Sudah Mencapai Angka 252, Kasus Baru Berasal dari Pelaku Perjalanan

“Karena roboh, kayu kerangka rumah hancur dan akibatnya hampir seluruh gentingnya pecah,” ungkap dia.

Untuk membantu meringankan beban penderitaan korban dan keluarganya, TNI dan warga sekitar mengadakan kerja bakti menyingkirkan reruntuhan rumah dan mengumpulkan barang-barang yang mungkin masih dapat dimanfaatkan. Aris Arianto