JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Semarang

Kenalkan Program Sudirman-Said, Relawan PADI Banyumas Gelar Baksos Tes IVA

Baksos pemeriksaan tes IVA relawan PADI di Banyumas. Foto/Istimewa
Baksos pemeriksaan tes IVA relawan PADI di Banyumas. Foto/Istimewa

BANYUMAS- Kegiatan relawan pemenangan Paslon Cagub-Cawagub Sudirman Said-Ida Fauziyah di sejumlah daerah terus bergulir. Jumat (16/3/2018) pukul 10.00 WIB sampai dengan 14.00 WIB bertempat di Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok, Banyumas diadakan kegiatan bakti sosial peduli kesehatan wanita.

Menurut Sekretaris Relawan PADI Banyumas, Latief Muchozin, kegiatan bakti sosial tersebut terselenggara berkat kerja sama Relawan PADI Banyumas, Komunitas Medis Peduli dan DPC PKS Kecamatan Cilongok yang dikawal oleh Kapolsek Cilongok, Panwascam Cilongok, Panwaswil Sambirata serta Pandu Keadilan.

Kegiatan bakti sosial ini meliputi pemeriksaan kesehatan reproduksi wanita, antara lain IVA test, USG, dan Femicam. Pemeriksaan kesehatan tersebut melibatkan tiga orang dari Komunitas Medis Peduli, dua diantaranya adalah tenaga bidan. Peserta yang mengikuti baksos ini adalah wanita di sekitar Desa Sambirata, beberapa diantaranya adalah ibu hamil.

Baca Juga :  Ide Rahasia Program Kreatif Pengolahan Kulit Kerang di Demak

“Pemeriksaan seperti ini bagus untuk mengetahui kesehatan tubuh kita, apalagi bagian tubuh yang diperiksa adalah organ dalam tubuh yang tidak bisa dilihat secara langsung,” ungkap Toyibah, salah satu peserta pemeriksaan kesehatan. Sebagian besar wanita yang melakukan pemeriksaan kesehatan mengaku merasa lega setelah mengikuti pemeriksaan tersebut dan dinyatakan sehat, “ ujarnya melalui rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (16/3/2018).

Warga Desa Sambirata masih awam dengan pemeriksaan medis seperti ini dan merasa takut sebelum di periksa. Setelah diperiksa dan dinyatakan sehat, mereka mengaku lega dan memahami.

“Pemeriksaan kesehatan seperti ini sangat diperlukan,” ungkap Aisyah Amalia Ramadhani, koordinator lapangan kegiatan bakti sosial.

Kegiatan bakti sosial tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengetahui kesehatan kewanitaan. Dengan diadakannya kegiatan bakti sosial ini, diharapkan wanita-wanita di Desa Sambirata dapat menjaga kesehatan kewanitaan mereka dengan menjaga pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan secara rutin. Masing-masing peserta pemeriksaan kesehatan dapat melakukan pemeriksaan secara rutin ke puskesmas atau tenaga medis terdekat.

Baca Juga :  Objek Wisata Watu Amben Berpotensi untuk Pengembangan Wisata Edukasi, Diyakini sebagai Cikal Bakal Desa Waru

Bakti sosial peduli kesehatan wanita ini akan diagendakan ke seluruh kabupaten di Jawa Tengah dengan beberapa titik dari setiap kabupaten.

“Setelah kegiatan di Desa Sambirata, besok kita mengadakan baksos di Kebumen dan Cilacap,” ungkap Alwi, koordinator Komunitas Medis Peduli.

Sementara, Koordinator Relawan PADI (Pak Dirman-Ida) Jateng, Yanto menegaskan bakti sosial tersebut dilaksanakan sekaligus untuk memperkenalkan Sudirman Said-Ida Fauziyah sebagai Cagub-Cawagub Jawa Tengah. Pihaknya mengapresiasi positif dan mengatakan kegiatan ini sejalan dengan 22 janji kerja Sudirman Said – Ida Fauziah untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan Jawa Tengah. Wardoyo