loading...
Loading...
Youtube/Eko Prasetyo

SOLO– Ratudan siswa SD Alam Surya Mentari Surakarta mengikuti kegiatan Market Day yang digelar Jumat (16/03/2018), di halaman sekolah setempat. Seluruh siswa dari kelas 1 hingga kelas VI tersebut dilibatkan dalam kegiatan “kewirausahaan” dengan melakukan praktek jual beli.

Kepala SD Alam Surya Mentari Surakarta, Muslimah Zaenal Arifin mengungkapkan, kegiatan Market Day merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan sekolahnya. Tema yang diambil kali ini yaitu Surya Mentari Menembus Pasar Dunia.

“Kegiatan Market Day ini merupakan kegiatan rutin tahunan kewirausahaan SD Surya Mentari. Para siswa SD Surya Mentari sengaja diajari bagaimana berwirausaha sejak dini. Siswa-siswa diajari membuat pernik-pernik atau apapun sehingga menjadikan suatu produk yang kemudian diperjual belikan. Diperjual belikan pada acara Market Day ini,” paparnya.

Baca Juga :  Mendikbud Nadiem Makarim Luncurkan Program "Merdeka Belajar", Mulai 2021 Tak Ada Lagi UN

Dikatakan Muslimah, pernik-pernik yang dibuat para siswa kali ini terinspirasi dari pernak-pernik yang berasal dari seluruh dunia.

“Ada yang dari Belanda, Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Malaysia, India, dan sebagainya. Bahkan untuk menguatkan tema yang diusung, siswa-siswi berpakaian model berbagai Negara. Termasuk juga diajak sekaligus dikenalkan melalui acara fashion show,” imbuhnya.

Selain menggalakkan kegiatan kewirausahaan tersebut, pada kesempatan yang sama juga diperkenalkan berbagai kuliner dan budaya berbagai Negara.

“Siapa tahu mereka nantinya menjadi pengusaha, belajar di Negara lain atau pejabat yang berkunjung ke berbagai Negara. Disinilah menjadi salah satu ajang pembelajaran sejak dini bagi siswa-siswi SD Surya Mentari untuk mengenal dunia,” tukas Muslimah. Triawati PP

Loading...