JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Meriahkan Dies Natalis ke-42, Ini Beragam Kegiatan yang Akan Digelar di UNS

Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi dalam jumpa pers di kampus setempat, Kamis (1/3/2018)/Dok Humas UNS.

SOLO – cukup banyak acara yang bakal digelar dalm rangka Dies Matalos UNS ke-42. Sejalan dengan tema yang diusung, yakni kreativitas, beberapa kegiatan yang digelar dalam bingkai kreatif.

Di antara kegiatan itu adalah event The 2nd Sebelas Maret Internasional Festival (Semarfest) pada 6-7 Maret.

“Kegiatan ini diisi  dengan karnaval, pameran produk unggulan, panggung hiburan, jalan sehat serta layanan 1000 E-KTP serta garebeg kreatif,” papar Rektor UNS, Prof Dr Ravik Karsidi dalam jumpa pers di kampus setempat, Kamis (1/3/2018), sebagaimana rilis yang dikirimkan ke Joglosemarnews.

Karnaval akan menggambarkan perpindahan kampus UNS dari Pagelaran Keraton Kasunanan menuju Kentingan dengan menampilkan kirab karya-karya UNS dan mitra.

Panggung hiburan akan menyajikan berbagai karya seni dan pertunjukan warga kampus. Sedangkan garebeg kreatif menampilkan pameran dan bazar produk kreatif karya mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan dan alumni yang semua produknya diwajibkan mencantumkan nama fakultas dan logo UNS.

Baca Juga :  Himadi Unisri Gelar Webinar, Hadirkan Wirausahawan Milenial

Beberapa kegiatan seminar juga dikaitkan dengan kreativitas antara lain, Seminar Nasional Pengembangan Bisnis Kreatif Berbasis Teknologi serta Konferensi Internasional bertajuk Digital Literacy and Library-based Creative Knowledge in the Digital Era.

Puncaknya, pada sidang senat terbuka tanggal 12 Maret UNS juga akan memberikan “UNS Award” dalam bidang Sosial dan Kemanusiaan bagi Wakil Presiden RI H Muhammad Jusuf Kalla. Dalam acara tersebut juga akan ada penganugerahan penghargaan 11 alumni berprestasi.

Selain itu berbagai acara lain juga semakin menyemarakkan Dies ke-42 UNS antara lain dalam bidang pengabdian masyarakat berupa penyuluhan, pemeriksaan dan konsultasi kesehatan gratis, pemberdayaan masyarakat serta pengembangan desa wisata.

Baca Juga :  Nayla Rebut Juara Pertama Lomba Tiktok Unisri

Sedangkan di bidang olahraga ada lomba Lari Marathon Nasional UNS 11K yang sudah rutin diselenggarakan serta Turnamen Sepak Bola KU 11 dan 14 Tahun Se-Jawa memperebutkan Piala Rektor.

Sementara dalam bidang seni dan budaya, akan diisi bermacam event seperti pergelaran Wayang Kulit Kolosal dengan 7 Dalang, dan secara khusus tahun ini  akan menyuguhkan pentas ketoprak pejabat yang berjudul Wahyu Ngedhaton.

“Kegiatan Ikatan Alumni (IKA) UNS semakin melengkapi kemeriahan dies dengan event Glow Run serta Sharing on Excellent,” ujar Ravik.  Suhamdani