loading...
Loading...
Penasehat Pinastika, Heru Setyawan saat menyerahkan potongan tumpeng ke Ketua Pinastika Sragen, Mas Antok, Rabu (27/2/2018) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN– Ratusan warga dan pejabat dari berbagai instansi maupun institusi di Sragen menjadi saksi meriahnya peringatan Hari Jadi ke-4  Paguyuban Pimpinan Orgen Tunggal,  Campursari dan Karawitan Kabupaten Sragen yang disingkat Pinastika. Acara syukuran yang dipusatkan di Alun-alun Sasana Langen Warga Desa Sambirejo,  Kecamatan Sambirejo Rabu (27/2/2018) itu juga dimeriahkan parade hiburan campursari nonstop 12 jam dari sore hingga dinihari.

Acara peringatan Hari Jadi organisasi yang mewadahi ratusan seniman Sragen itu juga makin hangat dengan kehadiran sejumlah pejabat teras Sragen. Diantaranya Assisten 3 Setda Sragen Simon Nugroho Sri Yudanto mewakili Bupati,  Wakil Ketua DPRD Sragen asal Gondang Bambang Widjo Purwanto,  Kabid Kebudayaan Disdikbud Hartono, Muspika,  hingga seluruh Kades di Kecamatan Gondang serta Sambirejo.

Baca Juga :  Polres Sragen Buru Pria Berinisial IS. Diduga Menjadi Penyuplai Barang Haram 

Hadir pula ratusan seniman seniwati, pimpinan campursari,  orgen tunggal dan karawitan dari berbagai kecamatan yang tergabung dalam Pinastika hingga ratusan warga Sambirejo,  Gondang dan sekitarnya.

“Syukur Alhamdulilah,  begitu antusias dukungan dari pemerintah,  pejabat,  pemangku kepentingan dan masyarakat. Seniman juga tumplek blek membaur dengan masyarakat dan pejabat. Inilah bentuk eksistensi seniman di Sragen yang hadir untuk menyatukan dan menghibur masyarakat, ” papar Penasehat Pinastika yang juga Kades Tegalrejo,  Gondang,  Heru Setyawan.

Para pejabat yang hadir dalam Hari Jadi Pinastika, Rabu (27/2/2018) malam. Foto/Wardoyo

Dalam sambutannya,  Kades yang akrab disapa Wawan itu juga tak bisa lupa menghaturkan terimakasih kepada Bupati yang telah mendukung Pinastika dan acara tersebut meski diwakilkan Assisten 3. Ungkapan terimakasih juga dihaturkan untuk Waket DPRD Bambang Widjo dan pejabat dinas terkait lainnya atas kepeduliannya terhadap Pinastika.

Baca Juga :  Kronologi Penggerebekan 2 Bandar Pil Koplo Karangmalang Sragen. Polisi Amankan Barang Bukti Sebanyak Ini di Rumah Desi dan Toni! 

Ia berharap di usia yang menginjak tahun keempat,  eksistensi Pinastika bisa lebih maju dalam perannya mewadahi kreativitas pelaku seni dan mengembangkan seni warisan leluhur di Sragen.

“Semoga ke depan,  Pinastika bisa terus berkontribusi positif dan mewarnai pengembangan seni di Bumi Sukowati pada khususnya dan nusantara pada umumnya, ” ujarnya.

Peringatan hari jadi itu ditandai pemotongan tumpeng dari Pengawas Pinastika yang diserahkan secara simbolis kepada Ketua Pinastika,  Mas Antok.

Baca Juga :  Perguruan Silat Pagar Nusa Ranting Sukodono Serukan Menolak Keras Aksi People Power Terkait Pemilu. Begini Alasannya! 
Deretan seniman seniwati anggota Pinastika Sragen saat menampilkan hiburan di acara Hari Jadi ke-4 Pinastika, Rabu (27/2/2018). Foto/Wardoyo

Di akhir sambutan,  Wawan juga mengucapkan terimakasih pada masyarakat Sambirejo yang sangat antusias dan ramah memberikan dukungan terselenggaranya acara itu.

“Apresiasi tinggi kepada sedulur selawase seniman Sragen yang selama ini sudah memberikan dedikasinya secara total untuk perkembangan seni di Bumi Sukowati, ” pungkasnya. Wardoyo

Loading...