JOGLOSEMARNEWS.COM Wisata Kuliner

Nyruput Kopi Sambil Ngisis di Wedang Kopi Prambanan

Wedang Kopi Prambanan. Foto: Jsnews/Kiki Dian
Wedang Kopi Prambanan. Foto: Jsnews/Kiki Dian

Menikmati aneka makanan ndeso dengan suguhan omah Joglo dan nuansa pedesaan yang nyaman, tak perlu susah payah lagi . Pun ketika Anda berdomisili di kota yang padat penduduknya.  Tinggal  datang saja ke Wedang Kopi ini.

Wedang  Kopi ini berada di Jalan Manisrenggo Km 1, Bugisan-Prambanan. Menuju ke sana pun tidak sulit, menuruti jalan raya Jogja-Solo sampai menemukan pertigaan lampu merah Candi Prambanan (Masjid   Raya ) ke timur menuju satu perempatan lampu merah lagi, lantas belok kiri. Tinggal menelusuri jalanan persawahan sekitar 2KM. Wedang Kopi itu nanti berada di kiri jalan.

Dari halaman depan saja, tempat makan dan nongkrong ini sangat indah, instagramable, dikelilingi sawah menghijau. Tak ada sekat yang membentengi rumah makan ini, sehingga ketika duduk dan menyantap makanan terasa seperti di alam terbuka, karena angin sepoi-sepoi langsung menerpa.

Di bagian depan, selain dipermanis sebuah andong sebagai dekorasi, juga ada sejumlah ornamen wayang seolah menyambut para tamu yang datang. Ada beberapa bagian bangunan dari Wedang Kopi ini.

Pada bagian depan, sebuah joglo sebagai tempat makan dengan kursi kayu memanjang, serta kursi-kursi anyaman rotan zaman dulu. Kemudian jembatan kecil dengan kolam ikan di bawahnya menghubungkan dengan joglo utama. Di sini tempat pelayanan utama, ada kasir, dapur, serta buffe untuk prasmanan.

Selanjutnya bagian ke belakang, adalah hamparan bungalow sebagai panggung hiburan, dan meja kursi taman , disusul joglo makan untuk tempat makan dan bercengkerama.

Semakin menyenangkan, di bagian  belakang semakin luas ternyata terhampar aneka kursi dan meja dengan sisi kanan dan kiri sawah-sawah. Saat malam , ketika lampu-lampu dinyalakan, akan semakin syahdu. Semilir angin menambah rasa betah sembari menyantap ragam hidangan di sini.

Nah, buat yang mau selfi di tempat ini tersedia banyak fasilitas yang sengaja disiapkan. Mulai dari vespa kuno, pit onthel, caping, lesung dan masih banyak lainnya.

Adapun menu yang ditawarkan terbilang unik dan jarang ditemui di warung makan pada umumnya, gereh lombok ijo, sayur brongkos, aneka semur, bihun, sate, pepes patin, pepes jamur, bothok telur asin, garang asem, ayam goreng sereh,  dan masih banyak lainnya.  Menu-menu ini tersedia dalam meja buffe yang dapat diambil sepuasnya.

Sementara itu ada camilan dan menu yang dapat dipesan terpisah dari menu utama, seperti mendoan, pisang goreng, sup jamur, jamur krispi, jamur  saos tiram dengan harga mulai Rp 8000 per porsi. Bahkan ada es krim. Selanjutnya kopi menjadi andalan di tempat ini, jenisnya pun beragam seperti kopi Amerika, kopi Flores,kopi Aceh dan masih banyak lainnya.Harga per gelas kopi mulia Rp 16.000. Bagi pemburu kopi, ada baiknya berkunjung kemari.

“Kami buka setiap hari mulai pukul 10.00WIB sampai 22.00WIB. Kami menyediakan makan prasmanan namun ada juga yang fresh cooking ketika diorder,”tandas salah satu karyawan Wedangan Kopi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM beberapa waktu lalu.

Suasana yang segar, dengan persawahan menghijau diakui Atmo warga Gondokusuman menjadi daya tarik untuk berkunjung ke Wedang Kopi ini. Memacu kendaraannya dengan jarak sekitar 15 Km dari kediamannya,ia sengaja membawa semua keluarganya untuk makan malam di sana.

“Tempatnya enak, makanannya lengkap, dan yang saya suka banyak pilihan kopi. Nyruput kopi di pinggir sawah begini bisa ngilangin stres,”pungkasnya. Kiki Dian