JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Silaturahmi Antar Perguruan Beladiri Wonogiri, Dari Anti Hoax Hingga Sukseskan Pilgub Jateng

Kapolres, Pasi Intel Kodim 0728 Wonogiri, dan Sekda Wonogiri menyaksikan penandatangan kesepakatan bersama antara perguruan beladiri, Rabu (28/3/2018).JSNews/Aris Arianto
Kapolres, Pasi Intel Kodim 0728 Wonogiri, dan Sekda Wonogiri menyaksikan penandatangan kesepakatan bersama antara perguruan beladiri, Rabu (28/3/2018).JSNews/Aris Arianto

WONOGIRI-Puluhan perguruan beladiri di Wonogiri menghadiri silaturahmi di RM Saraswati, Brumbung, Selogiri, Rabu (28/3/2018).

Silaturahmi merupakan ide dari Polres Wonogiri untuk mempererat jalinan silaturahmi antar perguruan beladiri. Acara dihadiri Kapolres AKBP Robertho Pardede, Pasi Intel Kodim 0728 Wonogiri Kapten Inf Sutrisno mewakili Dandim Letkol Inf Basuki Sepriadi dan Sekda Suharno.

Kasat Intel AKP Sihono mengatakan, silaturahmi antar perguruan bela diri se-Wonogiri dilaksanakan agar tercipta suasana kamtibmas yang kondusif. Serta antisipasi terorisme, radikalisme, propaganda, berita hoax yang dapat mengganggu stabilitas.

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

Kapolres menegaskan unsur perguruan beladiri baik silat, karate, tarung drajat, taekwondo, boxing, judo, dan lainnya, memegang peranan penting dalam menjaga kamtibmas. Pasalnya selain memiliki anggota yang banyak dan majemuk, anggota perguruan beladiri merupakan pribadi-pribadi ksatria dan pilihan.

“Mesti ikut menjaga suasana Pilkada Jateng 2018 tetap kondusif. Dibandingkan 34 daerah lain di Jateng, Wonogiri ini paling atas dari sisi kondusifitas suasananya,” tandas Kapolres.

Sementara Kapten Inf Sutrisno menerangkan, wilayah Wonogiri sangat luas. Terdiri atas 25 kecamatan dan 294 desa/kelurahan. Sehingga perlu jalinan koordinasi dan komunikasi antar semua elemen masyarakat untuk terus menjaga kamtibmas.

Baca Juga :  Update COVID-19 Sukoharjo, Pasien Meninggal Kini Mencapai 24 Orang, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif COVID-19 Meroket Lagi di Angka 566

“Termasuk saudara-saudara anggota perguruan beladiri. Jika ada informasi, misalnya, yang kurang jelas kebenarannya, bisa tanyakan dulu ke aparat setempat, kepolisian atau ke Kodim,” sebut dia.

Ratusan anggota perguruan beladiri di Wonogiri tersebut juga membacakan deklarasi bersama. Di antaranya ikut memerangi hoax, menjaga kamtibmas, maupun menyukseskan Pilgub Jateng 2018. Aris Arianto