JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Wah, Karanganyar Programkan Sedot Tinja Gratis Untuk Semua Musala dan Masjid

Sekda Karanganyar, Samsi saat menghadiri peringatan HUT IPHI. Foto/Humas Kab
ย ย ย 
Sekda Karanganyar, Samsi saat menghadiri peringatan HUT IPHI. Foto/Humas Kab

KARANGANYAR- Pemkab Karanganyar menggagas program sedot tinja gratis untuk semua masjid dan musala yang ada di wilayah setempat. Hal itu terungkap dalam peringatan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Karanganyar ke-28 Tahun, tahun 2018.

Berbagai macam kegiatan telah diselenggarakan, seperti jalan sehat dan puncak peringatan dengan pengajian akbar di Masjid Agung Karanganyar, Minggu (25/03/2018) pagi. Sekretaris Daerah Karanganyar, Samsi, mengatakan sanitasi di Kabupaten Karanganyar mempunyai program Stop Buang Air Besar Sembarangan yang ternyata disambut baik oleh berbagai pihak.

โ€œPada hari ini saya menugaskan Baznas,bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Karanganyar untuk memprogramkan sedot tinja di masjid dan mushola gratis. Nanti anggaran disediakan oleh Baznas, demi masyarakat Karanganyar sehatโ€ kata Samsi.

Ketua IPHI Karanganyar, Abdul Muid, mengatakan berbagai macam kegiatan diselenggarakan oleh IPHI Karanganyar seperti ada lomba pidato, ada lomba masakan, kegiatan tasyakur yang serentak dilaksanakan pada malam hari ulang tahun yang ke-28, malam tanggal 22.

Juga ada rangkaian yang lain kita mengumpulkan dana sebesar Rp 28.000, kemudian juga jimpitan tapi tidak jimpitan kecil, tapi satu kilogram beras untuk seluruh jamaah haji Kabupaten Karanganyar semuanya itu sudah terlaksana dengan baik.

โ€œHari lahir ini sudah berjalan sudah berapa tahun dan rangkaiannya juga berbeda-beda, ada gerak jalan ada pengajian, dan juga ada rangkaian-rangkaian yang lain. Pada pagi hari ini ini, mempunyai semboyan Haji Mabrur Sepanjang Hayat,โ€ katanya.

Di samping itu kalau itu dulu IPHI itu hanya bertugas membina, namun sekarang juga berusaha itu membantu calon jamaah haji maka diselenggarakan pengajian manasik haji tingkat cabang maupun di tingkat daerah.

โ€œHal itu untuk memberi bantuan kemudahan kepada calon jamaah haji,โ€ katanya.

Pengurus IPHI Provinsi Jawa Tengah, Syahroni mengatakan Kabupaten Karanganyar pasti sudah sangat dikenal karena juga sudah banyak kegiatan yang dilakukan apalagi saat melihat semua Kecamatan sudah ada IPHI cabang.

โ€œItu luar biasa sekali termasuk pengurus cabang diharapkan memberikan kontribusi sehingga mengembangkan program.

Di antara program prioritas ini harus ada yang di jalani dengan serius yang pertama adalah masalah pendidikan, dia berkeyakinan pendidikan sangat sudah dilaksanakan dengan mendirikan Majelis Taklim, pondok pesantren, sekolah Pendidikan Anak Usia Dini dan sebagainya.

Hal lain, tentang bidang ekonomi. Pengurus IPHI Jawa Tengah itu juga senang dengan produk air mineral yang itu memang merupakan produk dari IPHI Karanganyar. Kemudian koperasi juga disebutkan mudah-mudahan ini juga semakin berkembang di daerah-daerah lain. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com