JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gara-gara Outsourcing, Lulusan SMK Wonogiri Lebih Pilih Wiraswasta dan Kuliah

WONOGIRI-Lulusan SMK di Wonogiri saat ini cenderung lebih memilih melanjutkan kuliah maupun berwirausaha. Sudah ada tren mulai meninggalkan tawaran bekerja di perusahaan besar.

Penyebabnya, perusahaan besar menerapkan pola outsourcing atau alih daya bagi rekrutmen tenaga kerja. Perusahaan hanya memberikan sistem kerja kontrak. Biasanya sekitar dua tahun bekerja, tenaga kerja akan diputus kontraknya.

Baca Juga :  Josss Naik Motor Neo Klasik Kawasaki Estrella 250 CC, Harjo Kendarai Mobil Honda CRV Hitam, Datang ke KPU Ikuti Pengundian Nomor Urut Paslon Pilkada Wonogiri 2020

“Setelah diputus kontraknya, anak-anak (lulusan SMK) bingung mau bekerja apa, ada yang akhirnya mudik ke Wonogiri. Akhirnya ada kecenderungan anak-anak mulai menurun minta bekerja di perusahaan, ya karena outsourcing itu,” sebut Humas SMK Pancasila 1 Wonogiri, Djoko Purwanto, Rabu (4/4/2018).

Penurunan minat itu, jelas dia, sudah terjadi sekitar tiga tahun belakangan. Terbukti saat ada rekrutmen tenaga kerja dari perusahaan besar, animo anak sedikit.

Baca Juga :  Geger Penampakan Ular Sanca Raksasa di Dusun Tukluk Desa Kerjo Lor Kecamatan Ngadirojo Wonogiri, Masuk Rumah Warga Akhirnya Sukses Dievakuasi Personil Damkar Wonogiri

Sebagai gantinya, jelas dia, saat ini banyak lulusan yang lebih memilih melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebagian lagi memilih berwiraswasta.

“Cukup banyak yang berhasil dalam berwiraswasta, misalnya membuka wedangan dan usaha kuliner. Kalau yang memilih melanjutkan kuliah, biasanya berasal dari keluarga cukup mampu,” jelas dia. Aris Arianto