JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Hari Pertama UNBK SMA di Solo Sempat Terjadi Gangguan Teknis, ini Penyebabnya

Tempo.co
Tempo.co

SOLO— Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018 jenjang SMA di Kota Solo, Senin (9/04/2018) secara umum berjalan lancar. Kendati demikian, sedikit gangguan teknis sempat mewarnai jalannya ujian.

Kepala SMAN 6 Solo, Agung Wijayanto mengakui adanya kendala yang sempat terjadi di sekolahnya saat pelaksanaan UNBK hari pertama. Namun demikian dirinya.menegaskan hal itu tidak cukup mengganggu keberlangsungan ujian. Kendala teknis terjadi saat beberapa unit komputer sebagai sarana ujian mengalami log out beberapa kali.

“Iya, tadi di beberapa ruang laboratorium ada  yang log out komputernya. Namun hal itu tidak mempengaruhi berlangsungnya ujian secara menyeluruh. Gangguan teknis iti juga tidak mengurangi waktu mengerjakan soal-soal bagi para siswa,” ujarnya.

Agung menambahkan, hal yang sama.juga terjadi di beberapa sekolah lain. Menurutnya, hal itu terjadi kemungkinan karena perangkat komputer yang sering digunakan.

Baca Juga :  Gaet Pemilih Milenial, Gibran Rakabuming-Teguh Prakosa Bakal Gelar Konser Virtual

“Kemungkinan karena komputernya sering digunakan, termasuk salah satunya untuk latihan UNBK, program keluar-masuk, sehingga menyebabkan sedikit gangguan teknis. Tapi hal itu tidak terlalu mempengaruhi jalannya ujian. UNBK secara umum hari ini lancar,” tukasnya.

Sementara itu, Pengawas SMA Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Provinsi Jawa Tengah, Tri Silawati, juga mengakui tidak adanya pengaruh terhadap jalannya ujian akibat komputer log out beberapa kali.

“Saat sesi pertama tadi memang sempat terjadi (log out) tapi tidak sampai mengganggu dan ujian tetap berjalan lancar. Tidak sampai mengganggu yang sesi berikutnya,” pungkasnya.

Di sisi lain, sebanyak 5.738 siswa dari 39 SMA, baik negeri maupun swasta mengikuti UNBK tingkat SMA. Jumlah tersebut ditambahkan 922 siswa dari madrasah aliyah (MA). Dari 5.738 siswa SMA, sebanyak 4.909 orang di antaranya dari SMA yang telah menerapkan Kurikulum 2013 (K13), sedangkan sisanya, 829 orang dari SMA yang masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) atau Kurikulum 2006. Sedangkan untuk MA, tercatat ada 857 siswa dari MA yang telah menerapkan K13 dan 65 siswa MA yang masih menerapkan KTSP.

Baca Juga :  Sumbang 10 Kasus, Klaster Perkantoran di Kecamatan Jebres Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Solo, Kini Total 628 Orang

Sedangkan dari 39 SMA tersebut, ada 3 SMA yang menggabung dengan sekolah lain dalam melaksanakan UNBK, yaitu SMA 17 dan SMA Tunas Pembangunan (TP) 1 yang menggabung ke SMA Islam 1. Sedangkan satu SMA lainnya, yakni SMA Tri Pusaka menggabung ke SMAN 3. Triawati Prihatsari Purwanto