JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ini Dia 10 Waduk yang Dibangun di Jateng, Salah Satunya Ada di Wonogiri

Lokasi Waduk Pidekso di Desa Pidekso Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri
Lokasi Waduk Pidekso di Desa Pidekso Kecamatan Giriwoyo, Wonogiri

WONOGIRI-Sedikitnya 10 buah waduk balal dibangun di wilayah Jateng. Tiga waduk diantaranya akan dibangun di eks Karesidenan Surakarta.

Keberadaan waduk berfungsi meningkatkan ketahanan air Jateng. Terlebih masih banyak potensi air yang belum dikelola secara maksimal.

Sepuluh waduk yang akan dibangun itu, meliputi Waduk Logung di Kabupaten Kudus, Gondang di Kabupaten Karanganyar, Ciluweng di Kabupaten Brebes, Bener di Kabupaten Purworejo, Randugunting di Kabupaten Blora, Jlantah di Kabupaten Karanganyar, Matenggeng di Kabupaten Cilacap, Jragung di Kabupaten Semarang, Dolok di Kabupaten Demak, dan Waduk Pidekso di Kabupaten Wonogiri.

Baca Juga :  Sah Lur, Pilkada atau Pilbup Wonogiri 2020 Diikuti 2 Paslon, Yakni Joko Sutopo-Setyo Sukarno alias Josss dan Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo, KPU Sudah Menetapkan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Dan Penataan Ruang (Pusdataru) Jateng Prasetyo Budie Yuwono mengatakan, hanya sekitar 2,7 persen potensi air di Jateng yang sudah dikelola. Dari total potensi air di Jateng yang mencapai 65 miliar meter kubik, sampai saat ini, yang sudah bisa dikelola baru 1,8 miliar meter kubik.

“Yang sudah dikelola itu tersebar di 41 waduk se-Jateng,” kata dia di Wonogiri, Jumat (20/4/2018).

Baca Juga :  Pembagian Seragam Gratis SD dan SMP di Wonogiri Diwarnai Pungutan Ratusan Ribu Rupiah, Bupati Bakal Cek Kebenarannya di Lapangan

Oleh karenanya, pemerintah menggenjot pembangun waduk dan embung. Apabila sepuluh waduk di Jateng itu sudah dibangun, jumlah air yang bisa dikelola ditaksir naik menjadi 2,5 miliar meter kubik.

Selain itu, sejumlah waduk yang sudah ada juga akan diperbaiki. Antara lain dilakukan di Waduk Cengklik Kabupaten Boyolali, Waduk Mulur Kabupaten Sukoharjo, Waduk Cacaban Kabupaten Tegal, dan Waduk Gajah Mungkur Kabupaten Wonogiri. Aris Arianto