JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Pracimantoro Gelar Pentas Seni 12 Jam Peringati Hari Tari Sedunia

Pentas seni 12 jam di Pracimantoro
Pentas seni 12 jam di Pracimantoro

WONOGIRI-Memperingati Hari Tari Sedunia, Pracimantoro menggelar Pentas Seni 12 jam, di halaman Museum Karst Indonesia, Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro.

Pentas Seni 12 Jam mengusung tema Solah Rogo Gayuh Roso. Kegiatan digelar Sanggar Seni Shaka Budaya yang beralamat Dusun Jenar RT 1 RW 14, Desa Pracimantoro Kecamatan Pracimantoro, dengan ketua penyelenggara Siti Fathonah.

Dalam Pentas Seni 12 jam, sebanyak 100 penari ikut ambil bagian. Sedangkan jenis tari yang ditampilkan antara lain, Tari Gambyong, Tari Kenong Wonogiren, Tari Siluet Indonesia, Tari Kerinci, Tari Golek Manis, Tari Midat Midut, Tari Kelinci, Tari Payung,Tari Lilin, Tari Kukilo, Tari Tegar Nglaroh, Tari Tor Tor, Tari Merak Subal, Tari Ketek Ogleng Gunung Sewu, dan Tari Reog.

Baca Juga :  Balap Lari di Wonogiri Ternyata Tanpa Hadiah Maupun Taruhan, Diselenggarakan Ketika Lalu lintas Sepi dan Hanya Mengejar Sehat

Camat Pracimantoro Warsito, Minggu (29/4/2018) mengatakan, generasi muda sekarang harus mempunyai kreatifitas dalam seni dan seni budaya. Adiluhungnya budaya jangan luntur akibat perkembangan jaman.

“Semoga penyelenggaraan pentas seni dalam rangka menyongsong Hari Tari Dunia 2018 pada tanggal 29 April 2018 dapat menjadikan kita cinta dengan budaya kita sendiri. Dengan diselenggarakan pentas seni di Pracimantoro akan menarik wisata di Pracimantoro,” kata dia.

Baca Juga :  Dari Layanan KB Gratis di Puskesmas Giriwoyo 1 dan 2 Wonogiri Sukses Jaring 32 Akseptor, ini Perinciannya

Ketua penyelenggara Siti Fatonah menerangkan, tujuan diadakan pentas seni di daerah, untuk memotivasi sanggar seni di setiap sekolah maupun sanggar seni yang lainnya.

Hadir dalam dalam acara tersebut ; Camat Pracimantoro Warsito, Danramil 13/Pracimantoro Kapten Cba Budi Waluyo yang diwakili Pelda Suef, Kepala Museum Kart Pracimantoro, Dwi, Ketua penyelenggara Siti Fathonah, Kepala Desa Gebangharjo Boegyono, anggota Polsek Pracimantoro Ipda Syam Hadi. Aris Arianto