JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Simak Ini, Minum dengan Sedotan Plastik Ternyata Berisiko bagi Tubuh

Ilustrasi/Tribunnews

Di manapun, minum dengan menggunakan sedotan plastik sudah menjadi hal biasa. Jika kita membeli minuman di warung atau pusat-pusat perbelanjaan, hampir pasti selalu menggunakan sedotan plastik.

Namun, minum dengan sedotan plastik ternyata bisa berbahaya untuk kesehatan. Apa saja bahaya minum dengan sedotan plastik, ini di antaranya.

1. Bisa jadi sarang penyakit
Coba jangan langsung memakai sedotan plastik, apalagi kalau kita makan di restoran atau warung pinggir jalan.

Perhatikan terlebih dahulu bagian dalam sedotan plastik. Tidak jarang, bagian dalam sedotan plastik terdapat kotoran.

Kalau sampai terdorong oleh air dan masuk ke dalam tubuh, kotoran itu bisa jadi penyebab berbagai macam penyakit pencernaan. Jai, coba bilas dulu dengan minuman yang akan kita minum.

2. Gigi tetap rusak
Banyak orang yang menggunakan sedotan plastik karena dipercaya bisa melindungi gigi dari efek menguning akibat kopi atau teh.
Bisa juga karena memiliki gigi yang sensitif dan perlu sedotan plastik saat minum es.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Juga Bikin Anak-anak Stres, Ini Tips Menjelaskan tentang Virus Corona pada Anak agar Tidak Cemas

Tapi penggunaan sedotan plastik yang salah juga tetap bisa membuat gigi rusak.

Mark Burhenne, DDS, seorang ahli gigi kecantikan yang juga pendiri dari AsktheDentist.com mengatakan, masih banyak orang yang punya kebiasaan menggigit sedotan plastik di antara gigi bagian belakang.
Cara ini tentu saja masih bisa membuat gigi jadi rusak karena cairan minuman masih mengenai gigi.

Sebaiknya sedotan plastik diarahkan tepat ke tenggorokan agar minuman langsung tertelan tanpa mengenai gigi.

3. Membuat sudut bibir keriput

Lesley M. M. Blume, seorang penulis ensiklopedia kesehatan mengatakan bahwa mulut akan mengerucut saat minum dengan sedotan plastik.

Kalau hal ini dilakukan terus menerus, sudut mulut akan lebih cepat keriput.
Efek ini bahkan dinilai sama dengan yang ditimbulkan dari efek merokok.

Hasilnya sudut bibir akan jadi keriput dan bibir bagian atas akan menimbulkan kerutan yang tidak enak dilihat.

Baca Juga :  Disebut Tinggi Kolesterol, Ini Sederet Manfaat Telur Puyuh, Mulai Cegah Penyakit Kronis hingga Meningkatkan Kesehatan Jantung

4. Membuat perut kembung

Kita semua tahu kalau menggunakan sedotan plastik, kita akan menghirup udara sebelum minuman naik. Nah, udara itu akan masuk ke dalam saluran pencernaan.

Menurut Diana Rodriquez, penulis artikel kesehatan di situs Health Day, 50 persen gas yang ada di dalam tubuh disebabkan oleh menelan terlalu banyak udara.

Jadi kalau kita menyeruput minuman dengan sedotan plastik, kita juga menghirup udara yang akan membuat perut menjadi cepat kembung.

5. Berbahaya bagi kesehatan

Kok, bisa sedotan plastik berbahaya bagi kesehatan? Bisa, kalau sedotan plastiknya kita gunakan untuk menghirup minuman yang panas.

Panas dari minuman bisa melarutkan bahan-bahan kimia dalam sedotan. Akibatnya, kesehatan tubuh bisa terganggu apalagi kalau dilakukan terus menerus.

Demikian penjelasan kenapa penggunaan sedotan plastik bisa jadi bahaya bagi kesehatan. # Tribunnews