JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Internasional

UFO Muncul di Selatan Arizona Amerika Serikat

ufo
ufo

ARIZONA – Dua pilot maskapai penerbangan yang berbeda tak sengaja melihat sebuah objek misterius yang diduga UFO. Benda tersebut melayang sekitar 40.000 kaki (12.000 meter) di sebelah selatan Arizona bulan lalu dan hal itu membuat Federal Aviation Administration (FAA) kebingungan, sebagaimana dilaporkan Live Science 28 Maret 2018.

Menurut transmisi radio antara pilot dan pengendali lalu lintas udara (yang dapat Anda dengarkan secara penuh dalam rekaman FAA yang baru-baru ini dirilis ke Phoenix New Times), penampakan itu terjadi sekitar jam 3.30 sore waktu setempat pada 24 Februari, di suatu tempat di atas Gurun Sonoran dekat Phoenix.

“Apakah ada orang di atas kami yang melewati kami sekitar 30 detik yang lalu?” pilot pertama bertanya saat menerbangkan Learjet, yang dimiliki Phoenix Air, ke arah barat menuju California.

“Negatif,” pengendali lalu lintas udara di Pusat Lalu Lintas Udara Albuquerque FAA di New Mexico menjawab.

Baca Juga :  Ini Peraturan Pelaksanaan Ibadah Umrah di Masa Pandemi Covid-19: Batas Waktu hanya 3 Jam, Jemaah Dibagi Per Kelompok 1.000 Orang

“Oke,” pilot itu menjawab. “Sesuatu terjadi.”

Obyek itu terbang tinggi – setidaknya beberapa ribu kaki di atas jet, yang berlayar di ketinggian sekitar 37.000 kaki (11.000 m), New Times melaporkan.

Beberapa menit kemudian, FAA menanyakan penerbangan lain di dekat sebuah Airbus American Airlines yang bepergian ke arah yang sama, untuk mengawasi apa pun yang “melewati” padang pasir itu.

Dalam beberapa menit, awak Airbus itu melaporkan melihat obyek misterius yang sama terbang di atas pesawat mereka.

“Ya, sesuatu baru saja melewati kami,” pilot Airbus melaporkan. “Saya tidak bisa memastikan, apakah itu balon atau apa … tapi itu memiliki bayangan besar di atasnya dan itu beberapa ribu kaki di atas kami, menuju ke arah yang berlawanan.”

Beberapa minggu kemudian, pihak berwenang masih bingung tentang asal-usul obyek tersebut. Di luar dua laporan ini, FAA tidak dapat memverifikasi bahwa ada pesawat lain di sekitarnya. Itu bukan “balon Google,” lapor FAA, atau balon cuaca atau pesawat militer.

Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

“Kami memiliki hubungan kerja yang erat dengan sejumlah agen lain dan menangani dengan aman pesawat militer dan pesawat sipil dari semua jenis di daerah itu setiap hari, termasuk balon cuaca ketinggian tinggi,” kata seorang perwakilan FAA kepada New Times.

Laporan ini muncul hanya beberapa bulan setelah mantan pejabat Pentagon mengungkapkan bahwa pemerintah telah secara diam-diam menjalankan program pendeteksian UFO resmi sejak 2007.

Investigasi terhadap program itu oleh The New York Times menghasilkan rekaman mencolok yang diambil oleh dua pilot pesawat tempur Angkatan Laut, yang muncul untuk menghadapi obyek misterius yang bersinar di udara.

Menurut Pusat Pelaporan UFO Nasional – sebuah basis data daring tentang dugaan penampakan UFO di Amerika – ada hampir 650 penampakan UFO yang dilaporkan sejauh ini pada tahun 2018.

www.tempo.co