loading...


Bupati Joko Sutopo memberikan semangat kepada pasien RSUD SMS Wonogiri.

WONOGIRI-Jumlah penderita penyakit gondok yang terdata di Wonogiri mencapai 1.037 orang. Mereka diupayakan untuk menjalani operasi.

“Sebelum menjalani operasi, para pasien harus terlebih dahulu mengikuti proses screening. Jumlah penderita yang telah melalui proses screening sebanyak 786 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri, Adhi Dharma, Selasa (29/5/2018).

Adapun para penderita yang telah dirujuk dari Puskesmas untuk dioperasi mencapai 179 orang. Rujukan adalah untuk menjalani operasi secara bertahap di RSUD Soediran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri.

Baca Juga :  BPR Gajah Mungkur Optimis Kinerja 2019 Meningkat

Sebanyak 46 penderita penyakit gondok telah selesai menjalani operasi gratis yang diselenggarakan oleh Pemkab Wonogiri. Sementara 44 orang penderita gondok lainnya menjalani operasi secara mandiri dengan menggunakan biaya sendiri atau BPJS Kesehatan yang mereka miliki. Di sisi lain, sebanyak 116 orang penderita masih dalam daftar tunggu operasi gondok.

Adapun sebanyak 17 orang penderita tidak bisa melanjutkan ke tahap operasi karena beberapa faktor. Antara lain karena hamil, masih di bawah umur, wanita usia subur, ada dugaan keganasan atau tumor ganas, serta pasien atau pihak keluarga menolak dioperasi.

Baca Juga :  Taklukkan Gunung Merbabu, 17 Anggota Pramuka Saka Wira Kartika Wonogiri Butuh Waktu 2 Hari

Selain itu, ada beberapa pasien yang tidak perlu menjalani operasi karena penyakit gondoknya masih pada level 1A atau belum membesar. Pasien pada level tersebut masih bisa disembuhkan dengan berobat jalan. Aris Arianto

Loading...