loading...
Triawati

BOYOLALI– Tidak disangkal, Kabupaten Boyolali memiliki sumber daya alam (SDA) memilat dari sisi manapun. Dari alam pegunungan, Kota Susu memiliki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memberikan sejuta pesonanya. Tidak kalah moncer, Boyolali juga tenar dengan wisata umbulnya.

Dan inilah lima umbul unggulan yang dimiliki Kabupaten Boyolali, dimana keberadaannya sudah banyak dikenal masyarakat luas bahkan luar daerah. Yang pertama adalah Umbul Tlatar yang terletak di Kecamatan Boyolali. Umbul satu ini memang salah satu kebanggaan Pemerintah Kabupaten Boyolali. Umbul Tlatar saat ini sudah menjadi Obyek Wisata Taman Air dengan fasilitas yang super lengkap.

Ada banyak fasilitas di Umbul Tlatar selain pemandianmya yang berasal dari sumber air murni. Ada aneka permainan anak yang mayoritas ditujukan untuk anak-anak seperti becak air, ada juga flying fox, serta kolam memancing.

Baca Juga :   Museum De Tjolomadoe Sajikan Sejarah Pabrik Gula Digital Berkonsep Milenial dan Tidak Membosankan

“Kalau Umbul Tlatar cukup lengkap fasilitasnya, jadi sekali kesana bisa menikmati beberapa wahana. Yang pasti disana kulinernya juga enak dan pas dijadikan tempat rekomendasi berbuka puasa juga,” urai salah satu warga Teras, Kecamatan Banyudon, Tri Wahyuni, Rabu (22/5/2018).

tria

Sementara itu, menempati posisi kedua umbul unggulan di Boyolali yaitu Umbul Pengging dimana ada tiga umbul sekaligus di kawasan tersebut. Tiga sumber mata air di Umbul Pengging yang terletak di Kecamatan Banyudono yaitu Umbul Temanten, Umbul Ngabeyan, serta Umbul Dudo. Tiga umbul itu memiliki kedalaman kolam yang hampir sama yaitu sekitar 1,4 meter hingga 1,7 meter. Yang membedakan ketiganya adalah bentuk kolam dan luas kolammya.

Baca Juga :  Mau Liburan Natal Dan Tahun Baru? Perhatikan Jadwal Tambahan Penerbangan dari Solo Ini

“Masing-masing umbul masuk dengan membayar harga tiket masuk Rp 1000 per orang. Jadi pengunjung bisa bebas memilih di umbul yang mana saja. Sebelumnya masuk ke kawasan umbul membayar uang retribusi Rp 2500,” tutur petugas loket Umbul Pengging, Siti.

Sedangkan umbul ketiga yakni Umbul Tirtomulyo di Kecamatan Sawit. Umbul satu ini cukul moncer sebagai.tempat pemandian kerajaan. Desainnya yang sangat artic juga menawan pengunjung yang seolah-olah berada di kolam pemandian pribadi kerajaan. Lokasi Umbul Tirtomulyo yang tepat berada di depan kantor Kecamatan Sawit mudah dicari. Umbul ini juga berada di satu kompleks dengan wisata air Dewa Emas (Desa Wisata Kemasan).

Selanjutnya dua umbul terakhir yang menjadi unggulan di Boyolali adalah Umbul Sungsang dan Umbul Sewu. Dua umbul ini berada satu kawasan dengan Umbul Pengging. Sangat mudah mencari lokasi kedua umbul tersebut karena sudah terkenal. Umbul Sungsang sendiri masih lekat dengan tradisi kungkum atau ngalap berkah. Sedangkan Umbul Sewu lebih terkenal dengam sebutan Water Boom Pengging. Triawati PP


Loading...