Beranda Umum Internasional Para Ahli Susah Payah Menciptakan Robot Belut, Ini Tujuannya

Para Ahli Susah Payah Menciptakan Robot Belut, Ini Tujuannya

37
BAGIKAN
Tribunnews

Ahli dari Universitas California, San Diego berhasil menciptakan robot belut yang bisa berenang di air laut tanpa menimbulkan suara. Otot-otot buatannya bekerja secara sempurna, gerakannya ritmis dan tampilannya sangat mirip dengan cara berenang belut asli.

“Robot ini didukung oleh otot-otot buatan yang berkontraksi dan meregang ketika dirangsang dengan listrik,” kata Caleb Christianson, seorang mahasiswa Ph.D di Jacobs School of Engineering di UC San Diego.

“Dengan mengatur otot-otot ini dan menstimulasi mereka dalam urutan tertentu, kita dapat menghasilkan penggerak ke depan,” katanya, seperti dikutip dari Digital Trends, Kamis (26/4/2018).

Robot belut ini tidak memiliki motor elektrik di dalam dirinya. Namun, ia dilengkapi dengan kabel yang mengalirkan arus listrik ke air di sekitarnya dan kantong air yang ada di dalam otot-otot buatannya.

Arus listrik bermuatan negatif akan mengalir di air sekitar robot dan arus listrik muatan positif akan mengalir di dalam badan robot. Kondisi ini membuat otot-otot robot dapat bergerak menyerupai belut asli.

Menurut Christianson, robot belut ciptaannya tersebut diharapkan dapat membantu eksplorasi bawah laut yang lebih ramah lingkungan.

“Robot eksplorasi bawah laut biasanya didukung oleh baling-baling atau jet yang menghasilkan banyak suara, dan terbuat dari bahan kaku yang dapat merusak lingkungan jika menabrak,” kata Christianson.

Baca Juga :  Hanya Karena Masalah Pribadi, Pilot Ini Jatuhkan Pesawat di Rumahnya dan Tewas

“Sebaliknya, struktur robot kami benar-benar lunak yang mengurangi risiko kerusakan lingkungan. Otot buatan yang kita gunakan juga stabil sehingga memungkinkan robot belut untuk berenang tanpa membuat suara,” tambahnya.

Christianson mencatat, saat ini proyek robot belutnya masih tahap pembuktian tentang konsep propulsi bawah air. Tim peneliti berharap dapat menambahkan berbagai sensor dan kamera, serta mengoptimalkan desain robot belut untuk memaksimalkan eksplorasi bawah laut.

Karya robot belut tersebut dijelaskan dalam sebuah makalah berjudul “Translucent soft robots driven by frameless fluid electrode dielectric elastomer actuators” yang terbit di jurnal Science Robotic.

www.tribunnews.com