loading...


Sosialisasi SPBE. Foto/Humas Kab

KARANGANYAR-  Dalam upaya memberikan pelayanan yang efektif dan efisien berkelanjutan sekaligus mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan, Pemkab Karanganyar menyelenggarakan sosialisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau E-Government , Rabu pagi (16/05/2018).

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar dihadiri seluruh Asisten Setda Karanganyar, Inspektur Pembantu, Jajaran OPD serta Camat se-Kabupaten Karanganyar.

Sambutan Pjs Bupati Karanganyar sekaligus membuka kegiatan, Prijo Anggoro Budi Rahardjo, menekankan pentingnya mengikuti dan memahami isi dari kegiatan ini.

Pada hakekatnya manusia itu ingin maju apabila diberi kepercayaan harus bisa dilaksanakan dengan baik. Sama halnya seperti saat mengikuti kegiatan sosialisasi E-Government jika didukung  fasilitas dan SDM yang berbobot pastinya mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga :  Samsat Karanganyar Launching Samsat Keliling, Kasatlantas Ingatkan Telat Pajak Satu Hari Sanksinya Tilang 

Menurutnya dengan adanya keterbukaan, transparasi serta akuntabel untuk menghindari korupsi sehingga publik dapat mencermati.

“Kegiatan seperti ini jangan hanya menjadi ceremony saja, akan tetapi bisa dipahami dan mengedukasi dalam melayani kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan edukasi ini sangat penting karena dapat mengetahui sejauh mana pembangunan infrastruktur berjalan, bisa dilihat langsung melalui sistem elektronik. Selain  itu, diharapkan mendapatkan hasil dari tingkat bawah dalam hal ini Desa sampai tingkat Kabupaten.

Baca Juga :  Disambut Pedang Pora, AKBP Catur Gatot Resmi Jabat Kapolres Karanganyar. Gantikan AKBP Henik Maryanto 

Maka dari itu ada pengawasan sehingga pelayanan benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi, Imam Mahdi, menyampaikan tujuan penyelenggaraan SPBE yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, efisien, akuntabel dan terpercaya.

Selain itu meningkatkan keterpaduan penyelenggaraan SPBE, yang akan memberikan manfaat meliputi peningkatam efisiensi anggaran untuk pembangunan SPBE, mendukung terwujudnya satu data Indonesia.

Kemudian mendorong penggunaan aplikasi umum, meningkatnya utilisasi infrastruktur TIK yang terintegrasi melalui bagi pakai data antar Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah serta terwujudnya keamanan informasi pemerintah. Wardoyo

Loading...