Beranda Daerah Wonogiri Tips Aman dan Sukses Bekerja di Luar Negeri, Ada Bantuan Biaya Dari...

Tips Aman dan Sukses Bekerja di Luar Negeri, Ada Bantuan Biaya Dari Pemkab Wonogiri Juga

58
BAGIKAN
Bupati Joko Sutopo menerima cinderamata dari Atase KBRI Kuala Lumpur

WONOGIRI-Bupati Wonogiri Joko Sutopo menegaskan, hak dan kewajiban para pekerja migran harus tertera dengan jelas.

Sementara itu dinas terkait selalu berkoordinasi dengan Perusahaan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) PPTKIS untuk mengetahui keadaan para pekerja migran di luar negeri.

“Perusahaan melaporkan perkembangan secara berkala, sehingga kalau ada masalah bisa langsung diketahui dan diarahkan ke jalur yang tepat,” kata Bupati, Senin (7/5/2018).

Di sisi lain, pekerja migran juga harus mampu membawa diri di negara tujuan. Pasalnya, mereka akan bekerja di negeri dengan budaya dan peraturan yang berbeda.

“Kalau punya penghasilan besar, jangan larut dalam gaya hidup yang berlebihan,” pinta dia.

Di sisi lain, Pemkab Wonogiri memfasilitasi calon pekerja migran untuk mempermudah mereka bekerja ke luar negeri. Antara lain dengan memberikan pelatihan bahasa asing gratis melalui Balai Latihan Kerja (BLK). Selain itu, pihaknya membantu menghubungkan calon pekerja migran dengan Bank Perkreditan Rakyat atau Bank Kredit Kecamatan (BPR/BKK) milik Pemkab agar dapat memberikan pinjaman tanpa agunan. Aris Arianto

Baca Juga :  Kecelakaan di Tukulrejo Giriwoyo. Asyik Ngobrol Bareng Penumpang Minibus Tabrakan Dengan Truk Muatan Getah Pinus