JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Air Beras Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut Lho, Ini Caranya

Ilustrasi/Tribunnews

Jangan sepelekan air cucian beras lho. Pasalnya, selain untuk konsumsi, air cucian beras disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat air beras yang cukup banyak dibicarakan ialah untuk kesehatan rambut.

Benarkah air beras bisa digunakan untuk merawat rambut agar lebih sehat dan indah? Butiran beras mengandung 75 hingga 80 persen pati. Air beras adalah air tepung yang tersisa setelah beras direndam atau dimasak.

Dikutip dari Medical News Today, air beras diduga mengandung vitamin dan mineral seperti: Asam amino, Vitamin B, Vitamin E, Mineral, Antioksidan.

Menggunakan air cucian beras untuk kesehatan dan rambut bukan hal yang baru lagi. Temuan zaman dahulu kala menyatakan bahwa rahasia perawatan rambut wanita Jepang kuno ialah air cucian beras.

Para ilmuwan dan ahli kecantikan akhirnya melakukan berbagai penelitian mengenai keampuhan air cucian beras untuk memperindah dan memperkuat rambut. Pada tahun 2010, hasil penelitian tentang air cucian beras menyatakan bahwa bahan yang satu ini dapat mengurangi gesekan antarpermukaan dan dapat meningkatkan elastisitas rambut.

Sayangnya, simpulan penelitian ini bersumber dari contoh-contoh historis di masa lampau sehingga belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Penelitian lainnya juga dilakukan untuk mencari tahu berbagai manfaat air cucian beras untuk rambut.

Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa inositol, yaitu bahan yang ditemukan dalam air beras mampu menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam.

Baca Juga :  IDI Laporkan 115 Dokter Meninggal Akibat Pandemi Covid-19, Sebut Setara 300.000 Rakyat Indonesia Kehilangan Pelayanan Kesehatan

Maka, hal ini akan berefek pada tampilan rambut yang sehat dan indah. Bahkan, inositol mampu membantu melindungi rambut dari kerusakan di masa depan.

Sayangnya, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mendukung bukti ilmiah bawa air beras memiliki manfat untuk kesehatan rambut.

Meski begitu, kita bisa tetap mencoba sendiri pakai air cucian beras untuk melihat seberapa efektif bahan ini untuk merawat kesehatan dan keindahan rambut.

Bagaimana cara menyiapkan air beras?

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan air beras, yaitu

Merendam beras

 

Cara paling mudah untuk mendapatkan air cucian beras ialah dengan merendamnya. Berikut langkah-langkahnya:

Ambil ½ cangkir beras

Cuci hingga bersih.

Masukkan beras ke dalam mangkuk dengan menambahkan 2-3 cangkir air.

Diamkan selama 30 menit.

Saring air beras ke dalam mangkuk bersih.

Difermentasi

Beberapa orang menyatakan bahwa air beras yang difermentasi memiliki manfaat lebih banyak dibandingkan dengan air beras biasa.

Sebuah penelitian di tahun 2012 menyatakan bahwa zat yang difermentasi memiliki jumlah antioksidan yang lebih tinggi.

Antioksidan dalam air cucian beras yang difermentasi ini dipercaya dapat mencegah dan melawan kerusakan sel rambut dan juga kulit.

Atas dasar inilah air cucian beras yang difermentasi dinyatakan memiliki manfaat lebih banyak dibandingkan dengan air cucian beras yang hanya direndam.

Baca Juga :  5 Cara Mudah Cerahkan Gigi Secara Alami di Rumah

Untuk mendapatkan fermentasi air beras, ikuti langkah 1 hingga 4 di bagian merendam air beras. Selanjutnya, sebelum menyaring, diamkan beras yang direndam selama dua hari pada suhu kamar. Setelah dua hari, saring kembali beras ke dalam mangkuk bersih.

Memasak beras

Cara ketiga untuk mendapatkan manfaat air beras yaitu dengan memasaknya.

Masukkan ½ cangkir air beras ke dalam panci.

Tambahkan air dua kali lipat dari takaran biasa saat memasaknya.

Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk bersih.

 

Cara pakai air cucian beras untuk rambut

Agar mendapatkan manfaat air beras yang optimal, air beras bisa digunakan sebagai kondisioner. Berikut langkah-langkahnya:

Cuci rambut dengan shampo.

Bilas bersih dengan menggunakan air.

Tuangkan air beras ke rambut secara perlahan dan menyeluruh.

Pijat kulit kepala dan biarkan hingga 20 menit.

Bilas rambut hingga bersih dengan air.

Rambut bisa dirawat dengan air beras dua kali dalam seminggu. Setelah satu bulan, perhatikan adakah perubahan pada rambut.

Sebagian orang yang menggunakannya secara rutin mengaku rambutnya menjadi lebih tebal dan mudah diatur. Oleh karena itu, buktikan sendiri manfaat air beras dengan mencobanya sendiri di rumah.

www.tribunnews.com