JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cokelat Hitam Banyak Manfaatnya, Bisa Menambah Kecerdasan Hingga Membikin Rileks

pexels.com
pexels.com

Pernahkah Anda mendengar bahwa cokelat hitam banyak memiliki manfaat bagi kesehatan? Ternyata ada beberapa keuntungan jika mengonsumsi cokelat hitam secara tepat.

Hal yang harus diperhatikan adalah pilihlah cokelat dengan kandungan 70 persen kakao, yang sudah pasti mengurangi kandungan gula, susu, dan mentega sehingga otomatis mengurangi kandungan lemaknya. Pastikan juga jangan makan cokelat hitam lebih dari 200 gram atau sekitar empat batang sehari.

Di bawah ini adalah menfaat cokelat hitam untuk kesehatan dari India Times.

1. Membantu melawan diabetes
Sebuah penelitian di Italia menemukan fakta mengkonsumsi cokelat bisa meningkatkan sensitivitas insulin, menurunkan tekanan darah, dan secara umum menurunkan risiko diabetes.

2. Memperbaiki penglihatan
Karena memiliki kemampuan melancarkan peredaran darah ke otak, maka cokelat juga meningkatkan aliran darah ke retina dan memperbaiki penglihatan. Begitu hasil penelitian yang dilakukan di Universitas Reading di Inggris.

Baca Juga :  Waspadai Penyakit MIS-C pada Anak yang Terinfeksi Virus Corona: Gejala Muncul 3-4 Minggu setelah Kena Covid-19, Bisa Tanpa Demam, Batuk, dan Sesak

3. Meredakan batuk
Kandungan theobromin pada cokelat ternyata juga bisa meredakan batuk.

4. Memperbaiki kesehatan jantung
Mereka yang rutin makan cokelat akan merasakan manfaatnya pada jantung, termasuk menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian di Swedia pada 2011 mendapati risiko serangan stroke pada para wanita yang makan cokelat lebih dari 45 gram seminggu lebih rendah 20 persen.

5. Memperpanjang umur
Menurut British Medical Journal makan cokelat mampu memperpanjang umur sekitar setahun lagi berkat kandungan antioksidannya.

6. Membuat kenyang lebih lama
Cokelat hitam kaya serat sehingga bisa membuat kita kenyang lebih lama. Para peneliti dari Universitas Kopenhagen di Denmark menyatakan cokelat hitam membuat kenyang lebih lama dibanding cokelat bersusu dan makanan asin dan berlemak.

7. Melindungi kulit dari sinar UV
Kandungan flavanol dalam cokelat juga membantu melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet. Begitu menurut penelitian yang dimuat di Journal of Nutrition.

Baca Juga :  Studi Profesor di Universitas AS Klaim Ada Kemungkinan Wabah Demam Berdarah Hambat Penyebaran Covid-19

8. Meningkatkan fungsi kognitif
Lagi, kandungan flavanol sangat berguna bagi kesehatan, termasuk fungsi kognitif sehingga membantu meningkatkan daya ingat.

9. Menambah kecerdasan
Sebuah laporan di media Inggris menyatakan para peserta penelitian yang diberi makan cokelat hitam mampu menghitung mundur angka yang dimunculkan secara acak di komputer dengan lebih baik dibanding yang tidak makan cokelat.

10. Mengurangi stres
Kandungan phenethylamine pada cokelat hitam mampu melepaskan endorfin, sama seperti orang yang sedang jatuh cinta atau berolahraga. Endorfin adalah hormon yang mampu memperbaiki suasana hati dan mengurangi stres.

11. Membuat rileks
Cokelat juga mengandung anandamide, yang mengaktifkan reseptor otak yang sama seperti yang dilakukan mariyuana. Itulah alasan kenapa cokelat bisa membuat rileks.

www.tempo.co