JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

MK Tolak Gugatan Pengemudi Ojek Online, Tapi Operasional Tetap Bisa Jalan

tribunnews
   
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – Gugatan 54 orang pengemudi ojek online terhadap pasal 47 ayat(3) UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ditolak oleh Mahkamah Konstitusi.

Dalam sidang putusan yang digelar Kamis(28/6/2018), majelis hakim KM memutuskan menolak melegalkan ojek online sebagai alat transportasi umum.

Putusan ini diambil oleh MK terhadap uji materi perkara Nomor 41/PUU-XVI/2018 yang diajukan oleh para pengemudi ojek online.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” kata Hakim MK Anwar Usman membacakan amar putusan di Gedung MK, Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Baca Juga :  Hingga 3 Hari Jelang Putusan MK Soal Sengketa Pilpres, Amicus Curiae Masih Berdatangan

Gugatan diajukan oleh para pengemudi ojek online yang keberatan karena ketentuan pasal tersebut tidak mengatur motor sebagai angkutan umum.

Padahal, seiring perkembangan teknologi, jumlah ojek online semakin berkembang di Indonesia. Namun, MK menolak permohonan pemohon karena menganggap sepeda motor bukan kendaraan yang aman untuk angkutan umum.

“Ketika berbicara angkutan jalan yang mengangkut barang dan/atau orang dengan mendapat bayaran, diperlukan kriteria yang dapat memberikan keselamatan dan keamanan,” kata majelis hakim membacakan perimbangan amar putusan.

Baca Juga :  Ini Sikap Timnas AMIN Jika Gugatannya Soal Sengketa Pilpres Sampai Ditolak MK

MK menyatakan, ojek online tetap dapat berjalan meski tidak diatur dalam UU LLAJ. Menurut MK, polemik ojek online ini bukan permasalahan konstitusional.

“Mahkamah tidak menutup mata adanya fenomena ojek, namun hal tersebut tidak ada hubungannya dengan aturan dalam UU LLAJ,” ujar Majelis Hakim.

Hakim mencontohkan keberadaan ojek pangkalan yang selama ini tidak pernah terganggu meskipun tidak diatur sebagai angkutan umum dalam UU LLAJ.

“Menimbang uraian tersebut, maka permohonan para pemohon tidak beralasan menurut hukum,” ucap Hakim.  

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com