JOGLOSEMARNEWS.COM Market Info Bisnis

Mudik Gratis, Sido Muncul Berangkatkan 13.000 Pedagang Jamu Ke Solo, Wonogiri dan Kota Lainnya

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat saat menyapa para pemudik, peserta Mudik Gratis yang diberangkatkan Sido Muncul, Sabtu (9/6). Foto : Dok
   
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat saat menyapa para pemudik, peserta Mudik Gratis yang diberangkatkan Sido Muncul, Sabtu (9/6). Foto : Dok

JAKARTA-PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul, kembali menyelenggarakan Mudik Gratis bagi para pedagang jamu se-Jabodetabek. Pada Mudik Gratis ke-29 kali ini, Sido Muncul memberangkatkan 13.000 pemudik menggunakan 220 bus. Sebanyak 114 bus diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur, Sabtu (9/6). Sedangkan 106 bus lainnya akan diberangkatkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cilegon, Serang, Cikampek, Bogor, dan Cibinong.

Keberangkatan para pemudik dari Jakarta ini dilepas oleh Direktur Prasarana Perhubungan Darat Jujun Endah Wahjuningrum, Direktur Jenderal PSLB3 Rosa Vivian Ratnawati, Kepala Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik RR Maya Gustina Andarini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno, Walikota Kota Jakarta Timur Bambang Musyarawdana, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKP Karliman, Jenderal TNI (HOR) A.M. Hendropriyono, Keluarga Hatta, Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, dan jajaran direksi Sido Muncul.

 

Para peserta Mudik Gratis siap berangkat ke kampung halaman

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat menyampaikan, ada yang berbeda pada penyelenggaraan mudik gratis Sido Muncul tahun ini. Seluruh bus yang digunakan adalah bus AC, sehingga memberikan kenyamanan bagi penumpang saat perjalanan pulang. Para pemudik akan diberangkatkan ke delapan kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul.

“Kami bersyukur, Sido Muncul masih bisa mengadakan Mudik Gratis ini. Bahkan bisa mencapai 29 kali adalah sebuah mukjizat. Setiap tahun, usai acara mudik, kami turut senang karena bisa melihat kebahagiaan para pemudik,” lanjut Irwan Hidayat.

 

Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat melepas rombongan Mudik Gratis

Pada Mudik Gratis ini, Sido Muncul menggandeng Ditlantas Polda Metro Jaya untuk mengamankan perjalanan mudik. Bahkan sebelum keberangkatan, seluruh pengemudi akan melakukan tes urine untuk memastikan kondisi fisik prima saat berkendara. Selain itu, dalam acara tahunan ini, Sido Muncul juga melakukan launching produk Kuku Bima Energi plus Vitamin C. Produk ini merupakan varian baru dari Kuku Bima Energi yang memadukan minuman berenergi dengan vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.

Mudik Gratis Sido Muncul pertama kali dilaksanakan di Lapangan Parkir Timur Senayan dengan menggunakan 17 bus diikuti oleh 1.200 pedagang jamu. Namun, beberapa tahun terakhir peserta mudik bukan hanya para pedagang jamu ataupun jamu gendong, tetapi juga para pedagang asongan, dan pembantu rumah tangga. Mudik Gratis Sido Muncul telah dilaksanakan sejak 1991 dan hingga 2018 telah memberangkatkan sebanyak ± 347.400 pemudik ke kampung halamannya.

 

Seluruh bus pengangkut peserta Mudik Gratis ber-AC

Pada kesempatan terpisah, Direktur Utama Sido Muncul David Hidayat menjelaskan, tahun ini jumlah peserta Mudik Gratis Sido Muncul berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya. Hal dikarenakan ekonomi para pedagang jamu yang semakin membaik. Di samping itu, saat ini banyak perusahaan atau institusi yang juga menyelenggarakan mudik secara gratis.

Penyelenggaraan Mudik Gratis Sido Muncul ini merupakan ide dari Jonatha Sofjan Hidajat yang saat ini menjabat sebagai Komisaris Utama Sido Muncul. Pada awalnya, selama tiga tahun dari 1991 sampai 1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana dan tidak dihadiri pejabat pemerintah.

Pada 1994 Sido Muncul menyelenggarakan Mudik Gratis secara terkonsep dan optimal dengan memberikan hiburan bagi para pemudik, mempromosikan produk-produk Sido Muncul pada bus, mengundang pejabat untuk melepas keberangkatan, serta mempublikasikan kegiatan Mudik Gratis dengan pedagang jamu.  Marwantoro S

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com