Beranda Daerah Karanganyar PO Rosalia Indah dan Langsung Jaya Mendadak Didatangi Tim Pemkab. Sejumlah Teknisi...

PO Rosalia Indah dan Langsung Jaya Mendadak Didatangi Tim Pemkab. Sejumlah Teknisi Diminta Ganti Ban dan Lampu Rusak

113
BAGIKAN
Sekda dan Kadishub saat mengecek kesiapan armada Lebaran di Rosalia Indah, Selasa (5/6/2018). Foto/Wardoyo

KARANGANYAR – Tim Pemkab Karanganyar menggelar pengecekan mendadak ke sejumlah PO bus penyedia armada angkutan lebaran, Selasa(5/6/2018). Dua PO Bus yang menjadi sasaran pengecekan adalah Rosalia Indah dan Langsung Jaya.

Pengecekan armada angkutan lebaran dilakukan di garasi dan bengkel milik perusahaan otobus (PO) di Karanganyar, seperti Rosalia Indah dan Langsung Jaya.

Kepala Dinas Perhubungan Karanganyar, Sundoro, menyampaikan pengecekan PO AKAP dan AKDP sudah dilaksanakan. Pengecekan meliputi cek pajak kendaraan, DKK kesehatan pengemudi dan awak bus serta KIR.

“Kalau ada kekurangan langsung diperbaiki di tempat,” kata Sundoro seusai pengecekan.

Dia mencontohkan awak salah satu bus AKDP diminta mengganti ban karena kondisi sudah kurang layak. Selain itu, saat mengecek armada angkutan lebaran di Rosalia Indah, pihak teknisi diminta mengganti lampu salah satu bus yang rusak.

Di garasi Langsung Jaya, petugas Dishub meminta manajemen mengganti tulisan Bus Pariwisata menjadi AKAP. Hal itu sesuai ketentuan yang berlaku.

“Hasil pengecekan kesehatan, sehat. Pemilik PO juga membina sopir dan kru. Kami apresiasi. Armada yang dinyatakan laik jalan akan dipasang stiker,” tutur dia.

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Karanganyar, Samsi yang ikut pengecekan, meminta pemilik PO betul-betul peduli pada kesiapan armada angkutan lebaran.

“Semua armada siap. Ada gangguan kecil, harus langsung diperbaiki. Saya senang saat dilapori bahwa PO mengumpulkan dan membina kru, sopir. Silakan menyopir dengan bijak dan santun. Melayani masyarakat,” tutur Samsi.

Baca Juga :  Dihadiri Ribuan Kader, Paslon Rohadi-Ida Ingatkan Fokus Amankan Kantong-Kantong Suara!

Presiden Direktur PO Rosalia Indah, Yustinus Soeroso, mengatakan tiket mudik sudah habis terjual. PO Rosalia Indah akan menambah armada tetapi menyesuaikan kebutuhan. Tahun lalu, mereka menambah 20 armada angkutan lebaran per hari.

“Tahun ini nanti lihat kebutuhan. Pemudik paling banyak dari Jakarta. Sisanya dari Sumatera dan kota/kabupaten lain. Sudah siap semua,” tutur Soeroso.

Pejabat Bagian Administrasi PO Langsung Jaya, Endang Tri Wahyuni mengatakan PO Langsung Jaya menyiapkan 20 armada angkutan mudik. Jumlah armada angkutan lebaran tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Rata-rata pemudik dari Jakarta dan sekitarnya.

“Tahun lalu 25-30 bus. Tahun ini sedikit karena ada pembatasan usia armada untuk angkutan umum. Ini pengecekan terus. Pengecekan rem, ban, dan lain-lain. Pemudik dari Jakarta diprediksi masuk ke Soloraya pada H-4 Lebaran,” tutur Endang. Wardoyo