JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Warga Jaten Resahkan Gunungan Sampah Hiasi TPS dan Meluber Hingga Jalan di Getas

Tumpukan sampah menghiasi wilayah Getas dan memicu keresahan warga. Foto/Wardoyo
Tumpukan sampah menghiasi wilayah Getas dan memicu keresahan warga. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR- Gunungan sampah terlihat menumpuk di sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS)  yang berada di perumahan Jaten Permai Indah (JPI), Kecamatan Jaten. Di sekitar perumahan, ada dua TPS, yakni TPS khusus untuk warga Dusun Getas serta TS yang berada di Perumahan JPI.

Di TPS Getas, akibat tumpukan sampah, warga sekitar terpaksa harus membakar, karena menimbulkan bau menyengat. Sedangkan  di TPS JPI, akibat tidak tertampung bak penampungan,  tumpukan sampah, berserakan ke badan jalan.

Penumpukan sampah juga terjadi di TPS Josroyo, Sawahan.Tumpukan sampah ini juga belum diambil sejak lima hari lalu.

Baca Juga :  Kebakaran Hebat Landa Pabrik Plastik di Sroyo Jaten Karanganyar. Karyawan dan Warga Panik Berhamburan, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

“ Sampah sudah menumpuk sebelum lebaran lalu.  Jika tidak segera diangkut jumlahnya akan terus bertambah dan akan menebarkan bau yang tidak sedap,” ujar Dewi, warga perumahan JPI, Selasa (19/06/2018).

Pantauan di lapangan,  akibat tidak tertampung di TPS, sebagian sampah bahkan sampai berserakan di jalan. Ironisnya, ada warga membuang sampah di luar TPS yang disediakan. Kesadaran masyarakat memang masih minim untuk berpartisipasi membuang sampah pada tempatnya.

Mereka membuang sampah dari atas motor dengan melemparnya begitu saja sehingga sampah berserakan di jalan.

Baca Juga :  Menohok, Pernyataan Bakal Cawabup Wiwoho Ingatkan Pola Intervensi dan Menekan PNS dan Kades Justru Akan Berdampak Sikap Apatis Dari Rakyat!

Sementara itu, Suyanto, warga sekitar perumahan yang memanfaatkan tumpukan sampah untuk mencari sisa makanan yang akan digunakan untuk ternaknya, mengatakan, hampir setiap libur lebaran, sampah selalu menumpuk.

“ Hampir seminggu ini sampah belum diambil mas. Biasanya sampah baru diambil oleh petugas bersamaan dengan masuk kantor. Mungkin petugasnya masih libur lebaran,” ujar Suyanto.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan dari Dinas Lingkungan Hidup Karanganyar. Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Edy Yusworo, ketika dihubungi, telepon selular yang bersangkutan tidak aktif. Wardoyo