JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hebat, 6 Siswa SMK Citra Medika Sragen Raih Beasiswa Kuliah ke Cina, Taiwan dan Jepang. Sambil Kuliah, Bisa Nyambi Kerja

Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto saat memberikan pembekalan motivasi dalam program MPLS untuk siswa baru Sabtu (14/7/2018). Foto/Wardoyo
Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto saat memberikan pembekalan motivasi dalam program MPLS untuk siswa baru Sabtu (14/7/2018). Foto/Wardoyo

SRAGEN- SMK Citra Medika Sragen kembali menorehkan catatan membanggakan. SMK berbasis kejuruan kesehatan di Nglorog, Sragen itu mampu mengantar enam anak didiknya lolos seleksi untuk mendapat beasiswa melanjutkan studi kuliah di luar negeri.

Enam siswa itu merupakan alumni tahun 2018 yang barusaja menyelesaikan studinya. Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto mengungkapkan keenam siswa itu mendapat beasiswa melanjutkan kuliah secara gratis di tiga negara.

“Ada dua lulusan kami yang mendapat beasiswa kuliah di Cina, satu siswa ke Taiwan dan 3 siswa ke Jepang. Semua biaya kuliah gratis karena itu beasiswa kerjasama dengan perguruan tinggi di sana, ” paparnya Minggu (15/7/2018).

Baca Juga :  Buntut Aksi Boikot Media Saat Penetapan Paslon Pilkada Sragen, Mantan Komisioner Rame-Rame Soroti Kinerja KPU. Roso Khawatir Kepercayaan Publik Memburuk, Budi Sebut Bikin Malu Sragen!

Nano menguraikan beasiswa itu merupakan program kerjasama antara perkumpulan organisasi sekolah kesehatan di Indonesia dengan perguruan tinggi berbasis kesehatan yang ada di luar negeri.

Beasiswa kuliah di luar negeri itu diberikan untuk siswa di kejuruan perawat, bidan maupun farmasi. Proses untuk meraih beasiswa pun juga melalui seleksi yang ketat dari seluruh Indonesia.

“Jadi sistemnya dari perguruan tinggi di luar negeri itu memberi kuota untuk berapa siswa dari Indonesia. Nah,  nanti kuota itu diperebutkan melalui seleksi. Alhamdulillah tahun ini ada enam lulusan kami yang lolos seleksi dan segera berangkat kuliah ke luar negeri, ” terangnya.

Baca Juga :  Lakukan Kesalahan Fatal, 6 Peserta Ujian SKB Seleksi CPNS Sragen Dipastikan Gugur. Ini Kesalahannya!

Tak hanya kuliah gratis,  nantinya siswa tersebut juga diberikan fasilitas untuk nyambi bekerja di sana. Sehingga selain ijazah luar negeri,  mereka juga bisa pulang membawa uang dari hasil kerja.

“Ini tahun pertama kami bisa meloloskan alumni mendapat beasiswa dari luar negeri. Kalau secara umum, dsri lulusan kami sekitar 60 persen memang langsung kerja di dunia usaha dunia industri dan 40 persen sisanya melanjutkan kuliah, ” tandasnya.  Wardoyo