JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Jumlah Kasus Kebakaran di Wonogiri Sampai Juli Capai 15 Kejadian. Salah Satunya Melanda Hutan Negara

Tim dari beragam elemen memantau titik api di Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri.
Tim dari beragam elemen memantau titik api di Desa Kepatihan, Kecamatan Selogiri.

WONOGIRI-Sejak awal tahun ini hingga 25 Juli 2018 terjadi kasus kebakaran sebanyak 15 kejadian. Salah satu di antaranya melanda hutan milik negara.

Informasi yang berhasil dihimpun dari BPBD Wonogiri periode kebakaran sejak Januari 2018. Perinciannya 6 kebakaran lahan dan hutan, dan kebakaran rumah dan kios sebanyak 9 kejadian.

“Tidak ada korban jiwa dalam rangkaian peristiwa kebakaran,” kata Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, Rabu (25/7/2018).

Baca Juga :  Tak Hanya Siang, Razia Masker di Kecamatan Nguntoronadi dan Purwantoro Wonogiri Digelar Malam Hari

Sementara kebakaran melanda pula lahan hutan rakyat dan sebagian hutan negara. Tepatnya di lahan Perhutani Petak 6 BKPH Wonogiri. Yakni di Dusun Ngemplak RT 3 RW 4 Desa Kepatihan Kecamatan Selogiri.

Titik api berupa asap, terlihat warga Kabupaten Sukoharjo. Lokasi lahan hutan negara dan hutan rakyat yang terbakar masih jauh dari pemukiman. Mengingat kondisi medan serta upaya pemadaman berisiko pada petugas maupun warga, dilakukan melokalisir serta memantau perkembangan lahan yang terbakar agar tidak mendekati pemukiman warga.

Baca Juga :  Kapolres Wonogiri AKBP Christan Tobing Tegaskan Tak Benar Kabar Salah Satu Paslon Datang Diiringi Ribuan Massa ke Kantor KPU, Dipastikan Pula Tak Ada Konvoi

“Pemantauan perkembangan kejadian tetap dilakukan warga sampai pagi hari ini kondisi sudah tidak terlihat titik api. Yang terbakar adalah tanaman jati dan pinus,” terang dia. Aris Arianto