loading...


Ilustrasi. Pexels.com

SOLO– UPT Perpusakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta masuk top kontributor bahan pustaka ke-2 di sistem informasi perpustakaan nasional (PNRI) melalui website: onesearch.id. Hal itu berdasarkan data bahan pustaka yang tergambarkan di laman onesearch.id .

Dalam data tersebut disebutkan bahwa kontributor bahan pustak ke-1: perpustakaan nasional RI (782,689), urutan ke-2: Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (191,264), dan urutan ke-3 BPAD DIY (189,242). Menurut Kepala UPT Perpustakaan UNS, Muhammad Rohmadi menyebutkan, hal ini merupakan prestasi peningkatan dari target yang dicanangkan dari tahun 2017 masuk top contributors di onesearch.id urutan ke-3 dan akhirnya tahun 2018 naik kelas satu tingkat.

“Upaya penguatan dan pengayaan bahan pustaka ini terus ditingkatkan oleh perpustakaan UNS melaui penguatan bahan pustaka dalam bentuk cetak maupub elektronik. Pengadaan buku cetak dalam bentuk buku dan jurnal, baik cetak dan langganan e journal  ini setiap tahun sekitar 6,2 M yang bersumber dari PNBP dan BOPTN,” ujarnya dalam rilis, Sabtu (7/7/2018).

Baca Juga :  UMS Jadi Kampus Terbanyak Jalankan Program Profesi Guru di Jawa Tengah

Secara keseluruhan pengayaan bahan-bahan pustaka dalam Perpustakaan UNS tersebut diharapkan dapat mendukung percepatan seluruh sivitas akademika dalam menjalankan tri dharma perguruan tinggi. Hal ini sesuai dengan visi perpuatakaan UNS yakni “Menjadi pusat  sumber belajar dan informasi yang mendukung tri dharma Perguruan Tinggi di tingkat internasional pada tahun 2030”.

“Percepatan pemanfaatan seluruh bahan pustaka di perpustakaan ini dilakukan melalui berbagai workshop dan pendampingan penelusuran informasi, baik cetak maupun online yang didampingi konsultan-konsultan pustakawan yang unggul dengan layanan prima. Sesuai denga tagline perpustakaan UNS “prima dan unggul” yang melayani para pemustaka sejak pukul 07.30 – 21.00 WIB dan di lantai 1 layanan dibuka 24 jam untuk kegiatan akademik dan kerja seluruh sivitas akademika,” imbuh Rohmadi.

Baca Juga :  Solichul Hadi Raih 2 Award Sekaligus di ISoRIS 2018: Best Paper dan Best Poster

Ditambahkan Rohmadi, .upaya perbaikan layanan dan sarana prasarana di perpustakaan UNS yang berlantai 7 terus diupayakan. Saat ini perpustakasn UNS sudah dilengkapi dengan museum UNs di lantai 7, SNI Corner di lantai 5, Taiwan Center di lantai 4, Laboratorium naskah-naskah kuno dan scritarium di lantai 3, BI Corner di lantai 1, klinik pustaka ilmiah di lantai 1, dan kafe pustaka di basment. Dalam waktu dekat sedang disiapkan taman baca kreatif di sebelah barat perpustakaan dengan 15 gazebo untuk taman baca dan diskusi bagi mahasiswa untuk mendukung atmosfir akademik di lingkungan kampus UNS.

Baca Juga :  Membangun “Desa Pelayanan Publik” Melalui Toko Online, Antarkan UTP Raih Juara 1 Kompetisi Tingkat Jateng

“Selain itu, berbagai kegiatan akademik dan literasi bidang-bidang keilmuaan dilakukan secara rutin di perpustakaan UNS bekerja sama dengan berbagai sekolah dasar, menengah, dan perguruan tinggi,” tukasnya. Triawati PP

Loading...