JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pilkada Serentak 2018, Golkar Paling Banyak Menangkan Kadernya

Ilustrasi
ย ย ย 
Ilustrasi/Tribunnews

JAKARTA – Pilkada serentak yang baru saja berlalu ternyata menempatkan posisi Partai Golkar sebagai partai yang teruji dan memiliki basis massa yang jelas dalam memenangkan pertarungan di 171 wilayah.

โ€œPilkada kali ini menempatkan posisi Golkar sebagai partai terkuat di kancah perpolitikan,โ€ kata pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing dalam keterangan persnya, Sabtu (30/6/2018).

Seperti diketahui, dalam pilkada serentak 2018, Partai Golkar memenangkan 9 pemilihan kepala daerah tingkat provinsi/Gubernur (52,94 persen dari 17 Pilgub), 22 pemilihan Walikota (56,41 persen dari 39 Pilwalkot) dan 48 pemilihan Bupati (41,74 dari 115 Pilbup).

Baca Juga :  Megawati Ajukan Diri sebagaiย  Amicus Curiae Dalam Sengketa Pilpres ke MK, Ini Artinya

Emrus menyebutkan dengan perolehan yang cukup besar dan didominasi oleh kader asli yang menduduki posisi di pilgub, pilbub dan pilwalkot tersebut, Partai Golkar menjadi partai terbanyak memenangkan kadernya menjadi kepala daerah.

โ€œPasangan paslon yang menang di pilkada itu menjadikan Golkar bak gadis cantik dan hasil pilkada Golkar ini tentu menunjukkan bargaining politinya semakin menguat,โ€ ujarnya.

Terkait banyak partai yang mengklaim menang pilkada tapi bukan mengusung calon dari internal partainya, Emrus menyebutkan secara jumlah kader yang jadi, tentu tidak bisa dipungkiri banyak kader murni Partai Golkar yang jadi.

โ€œLihat saja Gubernur, Bupati atau walikota maupun posisi wakil mereka berasal dari partai mana? Klaim itu bisa dikatakan riil kemenangan Golkar saat ini,โ€ jelasnya.

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Emrus menuturkan, saat ini apa yang didukung Partai Golkar tentu akan mendapat dukungan masyarakat di wilayah masing-masing.

Itu artinya racikan pengusungan calon di pilkada yang dilakukan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga hartarto cukup jeli dan mengikuti harapan rakyat.

โ€œSaat ini racikan calon-calon yang diusung dalam pilkada oleh Airlangga cukup berhasil, bisa dikatakan kemenangan Golkar di pilkada kali ini adalah keberhasilan Airlangga Hartarto dan jajaran pengurus DPP Partai Golkar,โ€ ungkapnya.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com